Press "Enter" to skip to content

3 Startup Indonesia Jadi Peserta Program Akselerator Surge Gelombang Dua

Program pengembangan startup tahap awal Surge gelombang kedua dari Sequoia Capital India kembali memilih tiga startup asal Indonesia. Ketiga startup yakni Chilibeli, Storie dan Rukita akan bergabung dengan Bobobox dan Qoala yang lolos di seleksi tahap pertama. Masing-masing startup terpilih akan mendapat suntikan modal US$ 1-2 juta (Rp14-28 miliar).

“Ada 20 startup early stage dari India dan Asia Tenggara, dengan 3 di antaranya dari Indonesia pada gelombang kedua ini. Mereka adalah startup inovatif dan ambisius,” kata Managing Director Surge Sequoia Capital Rajan Anandan.

Rajan optimistis jumlah startup Indonesia yang terpilih dalam program Surge bakal terus bertambah. “Ekosistem startup Indonesia berada pada titik perkembangan … ada begitu banyak peluang di setiap industri, dan berbagai masalah yang dapat dipecahkan oleh teknologi dan startup inovatif.”

Surge dirancang dengan konsep terbuka. Alhasil, setidaknya kucuran modal untuk 20 startup terpilih di Surge 02 2019 yang mencapai US$45,7 juta (Rp 648 miliar), 80 persen di antaranya berasal dari mitra investor Sequoia.

Program Surge yang diluncurkan Maret 2019 telah menjadi komunitas mencakup 80 founder dari 37 startup, yang berasal dari 6 negara. Saat ini Sequoia India telah berinvestasi di lebih dari 250 startup di India dan Asia Tenggara, serta mendanai lebih dari selusin startup di Indonesia.

Mereka juga bermitra dengan unikorn seperti Tokopedia, Gojek, dan Traveloka, serta startup baru seperti Moka POS dan Kopi Kenangan.

Pendaftaran tahap ketiga telah dibuka

Program Surge digelar dua kali dalam setahun. Untuk Surge gelombang ketiga pada 2020, pendaftaran telah dibuka sejak September 2019 dan programnya akan dimulai pada Maret 2020.

Startup dipacu untuk memunculkan keunggulan masing-masing sejak awal. Para founder akan dibantu mengakses pendanaan dan sumber daya. Selain memperoleh mentorship dari berbagai tokoh industri teknologi,