Press "Enter" to skip to content

6 Manfaat Gula Aren Bahkan Untuk Penderita Diabetes

6 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan, Bahan Pemanis Menu Takjilmu!
Makanan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Bahan-bahan yang digunakan dalam mengolah makanan harus mencukupi kebutuhan gizi kita. Gula aren merupakan salah satu bahan pemanis alami untuk makanan yang terbuat dari kelapa dan nira.

Ternyata gula aren memiliki banyak manfaat, lho. Selain dijadikan pemanis pada menu takjil, gula ini juga memberikan kebaikan untuk kesehatanmu. Apa saja sih manfaat dari gula aren ini?

1. Mengandung kalium sebagai elektrolit
Gula aren memiliki kalium yang dijadikan sebagai elektrolit penting dalam tubuh. Peran elektrolit ini dapat membantu kamu dalam menjaga keseimbangan cairan pada jantung dan otot. Satu sendok teh gula aren akan memberikan 1 persen potasium yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi gula aren pada makananmu harus kamu coba. Apalagi untuk bulan Ramadan yang membutuhkan elektrolit tinggi.

2. Memberikan energi sebagai karbohidrat
Gula aren memiliki karbohidrat seperti tebu dan bit. Peran karbohidrat akan memberikan energi terhadap tubuh kita. Gula aren akan mempertahankan keperluan energi kamu saat puasa. Mengolah gula aren ke dalam menu takjilmu akan membuat puasamu lancar. Asupan energi yang diberikan oleh gula aren memberikan kebaikan untuk tubuhmu.

3. Memiliki inulin untuk fermentasi bakteri usus
Inulin dibutuhkan oleh tubuh untuk memfrementasikan bakteri usus. Peran bakteri ini sangat penting untuk mengurai makanan yang masuk. Gula aren memiliki inulin yang dibutuhkan untuk tubuhmu. Gula aren memiliki serat yang dapat memperlancar pencernaan. Rasanya yang manis memberikan manfaat juga untuk kesehatan.

4. Menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyakit
Gula aren dapat menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyakit dengan antioksidan yang dikandungnya. Senyawa anthocyanidins dan polyphenol menjadi antioksidan yang memiliki peranan penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Mengonsumsi gula aren harus kamu lakukan setiap hari agar tubuhmu terhindar dari penyakit.

5. Mencegah osteoporosis dengan kandungan kaliumnya
Kalium pada gula aren dapat memperbaiki kinerja otot sehingga mencegah osteoporosis. Kepadatan tulang pada tubuh kita membutuhkan kalium agar terhindar dari masalah tulang. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti gula aren harus kamu coba dalam menu makananmu. Apalagi gula aren mudah ditemukan dan diolah dalam bentuk makanan apapun.

6. Mencegah penyakit jantung dengan kandungan polyphenol
Gula aren mengandung poliyphenol yang menjaga kesehatan jantung. Antioksidan tersebut dapat memperlancar pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Kamu dapat mengonsumsi gula aren secara langsung ataupun diolah menjadi makanan. Gunakan manfaat ini untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Kegunaan ini harus kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Apalagi saat bulan Ramadan, kamu membutuhkan banyak energi dan elektrolit agar tetap bugar. Mengolah gula aren menjadi menu takjil atau minuman segar akan membuat puasamu semakin manis. IDNtimes

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: