Press "Enter" to skip to content

8 Aplikasi Jual Beli Emas Online untuk Smartphone

(Update 10 Oktober 2019: Kami menambahkan Lakuemas dan Treasury, serta memperbarui beberapa informasi seperti perubahan brand EmasDigi jadi Pluang.)

Berdasarkan hasil riset Inside ID yang dipublikasikan pada Februari 2018 lalu, emas masih menjadi investasi primadona di Indonesia ketimbang deposito, properti, reksa dana, ataupun saham.

Hasil riset tersebut juga didukung fakta lain, yakni penjualan emas yang dibukukan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada semester pertama 2019. Perusahaan pelat merah itu mencatat peningkatan penjualan hingga 22 persen, dengan volume penjualan emas sebesar 15,7 ton. Tumbuh 14 persen dibandingkan capaian semester I/2018, sebanyak 13,7 ton.

Cara masyarakat membeli produk emas juga kian beragam. Mulai dari mendatangi toko emas konvensional secara langsung, pergi ke Pegadaian, atau membeli di kantor Antam.

Namun seiring perkembangan zaman, muncul beragam platform yang juga menawarkan layanan investasi emas secara digital. Jual beli emas online diklaim lebih mudah, karena proses transaksi bisa dilakukan hanya dengan modal internet tanpa harus keluar rumah.

Berikut Tech in Asia hadirkan platform apa saja yang menawarkan jual beli emas secara digital di Indonesia?


IndoGold

Situs web IndoGold | Screenshot

Beroperasi di Indonesia dengan nama badan hukum PT Sinar Rezeki Handal, IndoGold menawarkan empat layanan di platformnya:

  • Tabungan Emas,
  • Cicilan Emas,
  • Gadai Emas, dan
  • Jual Beli Emas.

Emas digital milik pengguna juga bisa ditarik dalam bentuk fisik saat jumlah emas yang telah ditabung mencapai berat minimal 1 gram. Saat ini IndoGold bekerja sama dengan marketplace Bukalapak dalam menghadirkan fitur BukaEmas. Pengguna Bukalapak bisa langsung membeli emas di situs tersebut, namun semua transaksi tetap dilakukan oleh IndoGold.


ORORI

ORORI merupakan platform yang menjual perhiasan secara online. Jenis perhiasan yang dihadirkan seperti cincin pernikahan, cincin pertunangan, cincin pria, anting, kalung, liontin, gelang tangan, gelang kaki dan paket perhiasan.

Selain memungkinkan pengguna untuk membeli emas Antam, ORORI juga menghadirkan pilihan batu berlian dan logam mulia lainnya untuk investasi. ORORI bisa dikunjungi di website dan aplikasinya, juga di e-commerce Tokopedia.


Tamasia

Tamasia merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya membeli emas batangan hasil produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) secara online dengan konsep syariat. Selain itu, Tamasia juga membuka peluang bagi mereka yang ingin berwirausaha dengan menjadi reseller.

Bagi pengguna yang tertarik membeli emas lewat Tamasia, disediakan opsi cicilan mulai dari 3 hingga 24 bulan, dengan pilihan berat emas mulai dari 1 hingga 100 gram. Selama masa cicilan, emas yang dibeli pengguna disimpan dan diasuransikan di Antam sebagai corporate partner Tamasia.


Pluang

Dulunya Pluang dikenal dengan nama EmasDigi. Namun pada Juni 2019 mereka melakukan rebranding. Selain emas, Pluang saat ini juga menawarkan tabungan berjangka, valuta asing dan saham.

Khusus emas, Pluang terafiliasi dengan PT PG berjangka yang memegang lisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Mereka tetap melanjutkan layanan EmasDigi, berupa jual emas, beli emas, dan cicil emas. Pluang telah terkoneksi dengan dompet digital GoPay agar pengguna mudah dalam bertransaksi.


E-Mas

Sejak September 2017 lalu, penyelenggara marketplace online khusus perhiasan ORORI telah meluncurkan aplikasi mobile untuk jual beli emas online bernama E-Mas. Dengan aplikasi tersebut, mereka berniat memudahkan kamu yang ingin berinvestasi emas, atau hanya membelinya untuk keperluan tertentu.

Kamu bisa membeli emas dengan nominal mulai dari Rp100. Emas yang kamu beli akan tersimpan di akun milikmu, dan bisa kamu tambah atau jual kapan pun kamu mau.

Apabila jumlah emas yang kamu miliki telah mencapai berat sebuah emas fisik yang beredar di pasaran, seperti 1 atau 5 gram, kamu pun bisa menariknya dalam bentuk fisik.


Pegadaian

Mengikuti perkembangan zaman, Pegadaian juga menghadirkan aplikasi demi mempermudah nasabah yang ingin berinvestasi emas secara digital.

Melalui aplikasi bernama Pegadaian Digital Service yang diluncurkan sejak April 2018, perusahaan pelat merah itu akan melayani nasabah dan calon pelanggan yang ingin mendapatkan informasi produk-produk Pegadaian, termasuk membuka tabungan emas.

Pegadaian per Januari 2019 juga menggandeng Tokopedia dan menghadirkan fitur Tokopedia Emas. Di mana pengguna bisa melakukan jual beli dan menabung emas mulai dari Rp500. Fitur tabung emas di Tokopedia pun sepenuhnya dikelola oleh Pegadaian.


Lakuemas

Lakuemas adalah salah satu anak Perusahaan dari PT Central Mega Kencana (CMK). Perusahaan ini punya beberapa brand superti Mondial, Frank n Co., Miss Mondial, dan The Palace. Lakuemas adalah platform jual beli emas yang juga menyediakan jasa penyetakan sertifikat dengan pecahan terkecil mulai dari 10 gram.

Untuk bertransaksi di Lakuemas minimum pembelian emas sebesar Rp50.000. Mereka juga punya fitur Laku Tunai untuk penjaminan serta Laku Titipan untuk menyimpan emas.


Treasury

Selain emas Antam, masyarakat juga bisa membeli emas keluaran UBS, dan Treasury menjadi salah satu aplikasi jual belinya di Indonesia. Selain beroperasi di smartphone, Treasury juga memiliki situs web yang bisa digunakan untuk memantau harga emas.

Meski jadi aplikasi jual beli emas, ijin dari Otoritas Jasa Keuangan masih diupayakan oleh Treasury. Meski begitu, mereka sudah masuk dalam pengawasan. Selain emas batangan, Treasury juga melayani jual beli emas perhiasan. Kamu bisa menabung emas dengan minimal transaksi Rp20.000.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post 8 Aplikasi Jual Beli Emas Online untuk Smartphone appeared first on Tech in Asia Indonesia.

%d blogger menyukai ini: