Press "Enter" to skip to content

Bank OCBC NISP Dirikan VC untuk Danai Transformasi Perbankan

OCBC NISP Ventura pada Januari 2020 telah mengantongi lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna mengoperasikan perusahaan modal ventura, atau corporate venture capital (CVC). Perusahaan ini merupakan unit usaha dari korporasi perbankan dan keuangan multinasional asal Singapura, OCBC, yang mengakuisisi NISP pada 2008.

Head of Strategy & Innovation OCBC NISP Ka Jit membeberkan CVC ini lahir untuk menghadirkan ekosistem digital yang mampu menggerakkan transformasi di sektor perbankan.

“Kami mendirikan OCBC NISP Ventura untuk menciptakan nilai transformatif dengan memanfaatkan potensi semangat kewirausahaan dan startup di Indonesia dengan jaringan perbankan yang luas untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang,” jelas Jit.

Perusahaan juga telah menunjuk Darryl Ratulangi untuk menjabat posisi Managing Director yang akan bertanggung jawab menjalankan visi OCBC NISP Ventura. Sementara manajemen bank akan menjalankan fungsi pengawasan perusahaan dengan menempatkan beberapa anggota manajemen sebagai komisaris.

Siap salurkan Rp400 Miliar

“OCBC NISP Ventura akan fokus pada UKM dan startup teknologi yang bergerak di industri pembiayaan bisnis, fintech, properti (proptech), logistik, media, kesehatan (healthtech), pendidikan (edutech), data analisis, e-commerce dan on-demand,” jelas Jit lebih jauh.

CVC ini telah menyiapkan dana sebesar Rp400 miliar sebagai modal dasar, di mana 99,9 persen dana tersebut disediakan oleh Bank OCBC NISP.

Selain investasi, OCBC NISP Ventura juga akan mengadakan beberapa program, seperti inkubasi startup dan kemitraan strategis. Di fase awal, perusahaan menargetkan bisa membina pengembang solusi digital yang mampu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Saat ini tim internal OCBC NISP Ventura sudah mulai bekerja memetakan startup potensial yang layak untuk didanai, sementara situs resmi mereka yang akan menjadi kanal informasi terpusat sedang dalam tahap pengembangan.

Sumber: Dailysocial

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: batam.go.id)

This post Bank OCBC NISP Dirikan VC untuk Danai Transformasi Perbankan appeared first on Tech in Asia.

The post Bank OCBC NISP Dirikan VC untuk Danai Transformasi Perbankan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

%d blogger menyukai ini: