Press "Enter" to skip to content

Basic Nge-Vlog

Youtube merupakan platform video sharing terbesar di dunia saat ini. Setiap tahunnya pengunjung Youtube selalu mengalami kenaikan. Hal itu tentunya disebabkan oleh bertambahnya content-content yang menarik di Youtube. Para pembuat content atau content creator inilah yang biasa kita sebut sebagai Youtuber.

Saat ini Youtuber tidak hanya menjadi sebuah hobi saja, melainkan sebuah pekerjaan. Jadi buat kamu yang pengen terkenal (self-branding) sekaligus dapat uang Youtube ini bisa jadi peluang yang bagus buat kamu.Tapi sebelum itu ada beberapa hal penting yang harus kamu tahu dan kamu kuasai. Berikut ini daftarnya.

1. Pahami aturan Youtube terlebih dulu
Untuk mendapatkan uang di Youtube tidak sembarangan. Ada serangkaian aturan yang harus kamu penuhi sebagai content creator. Untuk bisa mengupload video pun ada kententuannya kalian tidak bisa mengunggah video yang ada hak ciptanya seperti mengandung musik-musik bajakan dari artis-artis terkenal atau mencomot video orang tanpa izin. Konten-konten yang seperti itu memang masih dapat di-upload di Youtube akan tetapi tidak bisa dibuka oleh orang lain karena melanggar hak cipta.

2. Perlu kesabaran dan passion
Untuk mendapatkan uang dari Youtube kalian harus memenuhi syarat monetasi dari Youtube terlebih dahulu. Syarat-syarat tersebut yaitu memiliki 1000 subsriber dan 4000 jam tonton secara keseluruhan. Jadi buat kamu yang baru ingin memulai karir kamu di Youtube, kesabaran dan passion menjadi hal yang sangat kamu butuhkan.

3. Mempelajari kemampuan video editing
Editing merupakan bagian yang paling penting bagi seorang Youtuber. Jadi skill editing adalah hal yang wajib kamu kuasasi. Ada banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk editing. Mulai dari Video Pad, Sony Vegas, Windows Movie Maker, hingga Adobe Premier Pro. Tapi tidak usah cemas untuk buat content creator pemula, karena dasar-dasar yang harus kamu kuasai hanyalah intro, cutting video, dan teknik transisi. Dan pakai smartphone dengan app Kine Master bisa jadi solusi dan alternatif simpel.

4. Kenali dasar-dasar teknik sinematografi
Secara singkat sinematografi berarti ilmu tentang teknik menangkap gambar bergerak dengan kamera. Jadi dari sinematografilah kita bisa belajar cara merekam yang benar, tujuannya adalah memudahkan proses editing sehingga video yang dihasilkan dapat mudah di edit. Untuk sinematografi kalian dapat belajar melalui video di atas atau mempelajarinya dari konten-konten Youtube Chandraliow. Karena dia adalah salah satu Youtuber dengan sinematografi yang keren.

5. Gak boleh jaim dan harus berani ngomong
Untuk menjadi Youtuber, kamu harus bisa tahan malu untuk menghasilkan konten yang seru. Misalnya saja dengan membuat vlog orang-orang akan menggangap kamu “sedikit aneh” karena seharian berbicara di depan kamera sambil memegang tongsis. Tapi hal itu perlu kamu lakukan bila kamu inggin menjadi seorang storyteller di Youtube.

Namun, satu hal yang penting untuk diingat disini adalah tidak jaim bukan berarti harus alay. Kamu tidak usah berpura-pura menjadi orang lain dalam hal ini, cukup menjadi lebih berani saja dalam berinteraksi dengan orang lain dan siap akan feedback dari orang lain

6. Cari banyak teman dan dukungan
Teman adalah hal yang sangat diperlukan disini. Karena selain dapat menjadi suscriber kamu teman – teman juga dapat menjadi orang yang memotivasi kamu. Salah satu video dari Agung Hapsah mengatakan bahwa dia bisa menjadi seperti sekarang ini karena dukungan dari keluarga, teman-teman, dan lingkungannya

7. Kreatif dan open-minded
Hal terakhir tapi yang sangat penting dalam keseluruhan proses pembuatan konten Youtube kamu adalah kreativitas. Kreativitas dapat membawa kamu dalam menghasilkan kontent-konten baru. Banyak inspirasi yang bisa kamu temukan selama kamu selalu open-minded. Membahas tren-tren yang sedang viral dapat membantu kamu untuk menciptakan kontenmu. Misalnya saja seperti kanal Youtube Deddy Corbuzier.

Itulah 7 hal yang kamu harus ketahui sebelum menjadi youtuber. Satu hal yang penting sebelum memulai perjalanan kamu sebagai Youtuber adalah kamu harus memastikan bahwa pembuatan video adalah passion kamu sehingga kamu tidak akan menyesal di kemudian hari.

Dan jangan lupa untuk bersyukur atas segala konten yang telah kamu buat. Bila itu belum sesuai dengan yang kamu inginkan, jadikanlah itu sebagai dorongan untuk membuatmu maju kedepan dan menciptakan video Youtube yang lebih baik lagi. Selamat mencoba!

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: