Press "Enter" to skip to content

Beberapa Tokoh Nasional Memberi Dukungan Moril ke KPU

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD,mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (10/4). Kedatangan Mahfud bertujuan memberikan dukungan moril kepada KPU terkait isu people power yang disampaikan oleh Amien Rais.

Mahfud datang bersama sejumlah tokoh yakni mantan ibu negara Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Romo Magnis Suseno, Imam Prasodjo, dan beberapa tokoh lain. Kedatangan mereka langsung diterima oleh tujuh komisioner KPU.

Menurut Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, kedatangan beberapa orang tokoh tersebut untuk memberikan dukungan moril kepada pihaknya.  “Mereka memberikan dukungan moril kepada KPU,” ujar Pramono.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menilai selama ini kinerja KPU masih sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Ia meminta kepada seluruh masyarakat agar senantiasa mendukung KPU agar Pemilu nanti berjalan aman dan damai.

“Gangguan-gangguan itu berupa misalnya upaya mendelegitimasi KPU sebagai lembaga yang indepeden dan merupakan juga ada upaya-upaya yang mendelegitimasi hasil Pemilu sebelum ini terlaksana,” ujarnya.

Menurut dia, sudah ada lembaga yang bekerja mengawasi kinerja KPU, yaitu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan DKPP yang juga independen. Ia meyakini, kedua lembaga itu bisa bersikap bijak dalam melakukan pengawasan ke KPU.

“Pada pemilu kali ini pengawasan bukan hanya dilakukan lembaga struktural tetapi dilakukan masyarakat secara bebas baik swasta, atau negara, ada lembaga survei yang bisa menjadi alat untuk referensi,” kata dia.

Sebelumnya, Amien Rais mengatakan jika terjadi kecurangan di Pemilu, maka pihaknya akan lebih mengandalkan people power dibandingkan menggugat ke MK. Menurut Amien, tidak ada gunanya menggugat melalui MK.

“Kalau nanti terjadi kecurangan, kita enggak akan ke MK. Enggak ada gunanya, tapi kita people power. People power sah!” ujar Amien Rais di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (31/3).





Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: