Press "Enter" to skip to content

Besok, Kemenag Gresik Gelar Rukyatul Hilal

Seperti diketahui, baru ormas Muhammadiyah yang telah menetapkan awal Ramadan jatuh pada Senin 6 Mei mendatang. Sedangkan NU dan Kemenag Gresik masih menunggu hasil rukyatul Hilal. “Iya, kalau Muhamadiyah memang sudah ditetapkan pada 6 Mei. Sebab, mereka menggunakan metode hisab. Sedangkan untuk Pemerintah dan NU nanti tetap menunggu rukyatul hilal,” ujar Kasi Binmas Kantor Kemenag Gresik Qoyyim, kemarin.

Terkait dengan proses ru’yatul hilal nanti menurut Qoyyim akan diselenggaran Kemenag dengan menggandeng Pemkab dan diikuti Lajnah Falakiyah NU Gresik serta PA Gresik. “Kami akan undang semua pihak untuk ikut dalam proses ini, karena memang setiap tahun sudah kami lakukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekertaris Lajnah Falakiah (LF) NU Kabupaten Gresik Muhyyidin mengatakan pihaknya belum bisa memastikan apakah awal puasa jatuh pada 6 Mei atau tidak. Sebab, pihaknya harus melakukan rukaytul hilal terlebih dahulu. “Kami masih menunggu rukyatul hilal pada 5 Mei mendatang. Kalau memang terlihat kemungkinan puasa bakal dimulai pada 6 Mei,” kata dia.

Namun, lanjut dia, untuk pemantauan hingga saat ini tampaknya awal puasa Ramadan kali ini akan jatuh pada 6 Mei. Namun, tetap menunggu rukyatul hilal minggu nanti. “Kalau pantuan sementara memang tidak ada halangan. Tapi lihat nanti Minggu,” imbuhnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)



Source

Gus Fik
Follow me

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: