Press "Enter" to skip to content

Darmin Berharap Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen pada Kuartal I 2019

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution berharap pertumbuhan ekonomi kuartal I 2019 bisa mencapai di angka minimal di angka 5,1 persen Secara tahunan (year-on-year). Harapan ini lebih tinggi dibandingkan capaian periode tahun lalu yang hanya sebesar 5,06 persen.

Darmin mengatakan angka pertumbuhan ekonomi seharusnya dilihat secara sektoral. Pada kuartal I, PDB sektor pertanian seharusnya membaik karena masa panen seharusnya masuk di Maret.

Memang, puncak panen baru terjadi pada April atau awal kuartal II. Meski demikian, panen tahun ini setidaknya lebih tepat waktu dibandingkan tahun kemarin.

Makanya ia yakin pertumbuhan ekonomi kuartal I tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, PDB sektor pertanian pada kuartal I tahun lalu bertumbuh 3,14 persen dan memberi andil ke PDB sebesar 13,26 persen.
“Jadi pertanian mungkin di tahun lalu agak terlambat betul, sehingga kalau dihitung secara year-on-year sekarang, pastinya pertumbuhan ekonomi bisa 5,1 persen atau di atas,” jelas Darmin, Jumat (26/4).

Lebih lanjut ia menuturkan pertumbuhan ekonomi bahkan bisa menyentuh 5,2 persen jika memang ada kondisi lain yang mendorong. Namun, ia memilih untuk menunggu hasil perhitungan PDB kuartal I dari BPS yang rencananya dirilis Mei mendatang.

“Mungkin saja bisa,” jelas dia.

Sementara itu, Bank Indonesia mengatakan pertumbuhan ekonomi kuartal I bisa berada dalam rentang 5 persen hingga 5,4 persen. Namun, BI melihat pertumbuhan ekonomi berada di rentang tengah 5,2 persen. CNN

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: