Press "Enter" to skip to content

DI AMBANG KEMENANGAN, RAKYAT MENJEMPUT HARAPAN

Meski masih berupa hasil hitung cepat, dipastikan Jokowi akan akan memenangkan Pilpres kali ini. Untuk kedua kalinya Jokowi kembali mengungguli Prabowo. Untuk kedua kalinya pula kita bangsa Indonesia patut berbesar hati: akal sehat dan hati nurani masih mempunyai tempat di negeri ini.

Bagaimana tidak, hampir setiap hari Jokowi dihabisi. Identitas primordialnnya dijungkirbalikkan, sementara prestasi kerjanya diabaikan. Mengingat hal ini kemenangan Jokowi terasa mengharukan.

Ternyata Indonesia masih lebih waras daripada Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di mana populisme Kanan merajalela. Di sini, kekuatan Islam moderat cukup kompak. Mereka tidak mau negaranya jatuh ke tangan kaum konservatif agama yang ditunggangi oleh kaum oligarki lama.

Bahkan ketika akal sehat dikomodifikasi untuk meruntuhkan kewibawaan Jokowi, sebagian besar rakyat yang justru secara arogan sering disebut sebagai kurang terdidik bangkit melawan. Mereka tidak bisa menerima celaan dari kalangan yang mengaku terpelajar tetapi perilakunya cuma bisa mendungukan orang. Hari ini mereka bersuara–lantang dan menggetarkan!

Tentu saja kita semua harus menunggu perhitungan riil yang dilakukan oleh KPU, tetapi kemenangan Jokowi tinggal menunggu ketok palu. Antusiasme pemilih untuk datang ke tempat pemilihan suara terlihat di mana-mana, termasuk di luar negeri di mana mereka rela menempuh perjalanan dan mengantri berjam-jam lamanya. Sayang sejumlah orang tetap tidak bisa memilih karena halangan administrasi.

Sekali lagi, kemenangan Jokowi kali ini terasa mengharukan. Kegembiraan terlihat di wajah para relawan yang telah berjuang siang malam selama berbulan-bulan. Namun kegembiraan yang sangat tulus juga terpancar dari rakyat biasa yang sejak pagi berbondong-bondong sepagi mungkin ke tempat pemilihan suara. Mereka tidak mau negeri ini balik ke masa lalu. Mereka ingin negeri ini maju. Kepada siapa lagi kalau bukan Jokowi, juga Maruf Amin, harapan mereka tertuju. MelissaIdn

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: