Press "Enter" to skip to content

[Flash] Marketplace Malaysia Akuisisi Carmudi Indonesia Senilai Rp42 Miliar

Inti berita:

  • Operasional layanan marketplace otomotif Carmudi di Indonesia pada pertengahan Oktober 2019 akan menjadi bagian iCar Asia, sebuah marketplace jual beli kendaraan online asal Malaysia.
  • Pelepasan dengan nilai pembelian sebesar US$3 juta atau setara Rp42 miliar ini akan rampung pada 15 Oktober 2019.
  • Akuisisi tersebut diharapkan bisa mengukuhkan posisi bisnis iCar Asia (lewat brand Mobil123.com mereka) di Indonesia, terlebih lagi dengan aset serta pengalaman Carmudi setelah menggarap pasar penjualan mobil bekas selama lima tahun di negara ini.

Fakta lainnya:

  • Carmudi merupakan startup marketplace otomotif multinasional yang didirikan Rocket Internet pada tahun 2013 silam dengan jangkauan bisnis mencakup beberapa negara Asia, Amerika Latin, dan Afrika.
  • Carmudi baru beroperasi Indonesia pada tahun 2014. Di tahun yang sama, perusahaan ini memperluas jangkauan ekspansinya hingga ke Vietnam, Filipina, Pakistan, Kamerun, dan Arab Saudi.
  • Pada awal tahun 2018 lalu, Carmudi sempat mengumumkan penerimaan pendanaan terbaru sebesar US$10 juta (sekitar Rp133 miliar) yang mereka terima dari HV Holtzbrinck Ventures, Tengelmann Ventures, dan sebuah perusahaan patungan Rocket Internet dan Ooredoo, yaitu Asia Pacific Internet Group (APACIG).
  • Lepasnya Carmudi Indonesia ke tangan iCar Asia memberi warna baru dalam peta persaingan platform marketplace jual beli otomotif di Indonesia. Sebelumnya Carro, platform marketplace otomotif asal Singapura juga telah mengakuisisi Jualo untuk meningkatkan jangkauan platform mereka di Indonesia yang dianggap penuh potensi.

(Diedit oleh Ancha Hardiansya)

 

This post [Flash] Marketplace Malaysia Akuisisi Carmudi Indonesia Senilai Rp42 Miliar appeared first on Tech in Asia Indonesia.