Press "Enter" to skip to content

Gojek Luncurkan Layanan Video on Demand GoPlay Berisi Konten dari Sineas Lokal

Decacorn asal Indonesia, Gojek, menambah portofolio layanannya dengan meluncurkan platform layanan video on demand bernama GoPlay. Selain menyajikan konten berupa film dan serial, GoPlay bakal menjadi wadah bagi sineas nasional untuk memperkenalkan karya masing-masing.

Dalam acara peluncurannya di Jakarta, Co-Founder Gojek Kevin Aluwi menyampaikan, “Di sisi industri kreatif terutama industri konten dan film, kami melihat masih terdapat tantangan dalam menyediakan akses kepada penonton. Namun di sisi lain, penetrasi internet dan smartphone yang cukup tinggi memberikan peluang bagi para sineas nasional agar karya mereka dapat dinikmati masyarakat banyak.”

Ia berharap layanan baru dari Gojek ini dapat menciptakan dampak sosial ekonomi bagi kemajuan ekosistem industri kreatif di Indonesia. “Kehadiran GoPlay dapat menjembatani para sineas berbakat dengan jutaan pengguna smartphone di Indonesia yang selalu mencari konten berkualitas.”

CEO GoPlay Edy Sulistyo optimis GoPlay bisa mewadahi antusiasme masyarakat terhadap konten lokal yang terus tumbuh selama tiga tahun terakhir, dari 36 juta di 2016 menjadi 46 juta penonton pada 2018. “Namun, dalam hal rasio penonton film Indonesia terhadap film asing di layar lebar, masih menjadi PR bersama,” ujar Edy.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf menyatakan perkembangan positif perfilman Indonesia terlihat lewat pesatnya pertumbuhan konten lokal, baik secara kualitas maupun komersial. “Kehadiran GoPlay sebagai bagian dari ekosistem Gojek sangat kami apresiasi karena memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mengakses konten-konten lokal yang dapat dinikmati dari Sabang hingga Merauke, cukup melalui perangkat mobile.”

Koleksi Film GoPlay | Photo

Bertabur serial dan film lokal

GoPlay berencana memproduksi tiga serial terbaru dalam waktu dekat. Ketiga serial tersebut adalah Saiyo Sakato dengan Salman Aristo dan Gina S. Noer, Tunnel garapan Shanty Harmayn dan Tanya Yuson, serta adaptasi Gossip Girl besutan sutradara Nia Dinata.

Sementara, beberapa konten lokal yang sudah bisa diakses di GoPlay Originals meliputi:

  • Filosofi Kopi The Series, drama persahabatan yang juga memopulerkan kekayaaan kopi tanah air,
  • Variety show Kata Bocah The Show yang dibintangi Nirina Zubir dan Boy William, dan
  • Serial stand-up Haha Club yang menampilkan komika tanah air Ge Pamungkas, Mo Sidik, dan Arie Kriting.

GoPlay Originals juga menampilkan karya-karya terbaik sineas Indonesia lain, seperti drama komedi romantis berbalut wisata kuliner Aruna dan Lidahnya, drama keluarga dengan latar belakang petualangan melintasi pulau Jawa Kulari ke Pantai, hingga film fiksi sejarah Indonesia Buffalo Boys.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Gojek Luncurkan Layanan Video on Demand GoPlay Berisi Konten dari Sineas Lokal appeared first on Tech in Asia Indonesia.