Press "Enter" to skip to content

Hal yang Perlu Diperhatikan Startup dalam Merekrut Pekerja

Rekrutmen talenta masih menjadi tantangan yang dihadapi oleh sebagian besar perusahaan teknologi di Indonesia, khususnya startup yang berada di tahap awal. Mereka harus bersaing dengan berbagai perusahaan yang lebih mapan, baik dalam hal manajemen, finansial, maupun reputasi.

Menyikapi permasalahan ini, Tech in Asia mengajak Inge Sari Purnama selaku Division Head for Technology dari Monroe Consulting dan Anne Carson, People Strategy Expert dari Anne Caron Consulting untuk mendiskusikan hal-hal yang perlu diperhatikan.

Khususnya bagi startup tahap awal saat melakukan rekrutmen dan mengembangkan organisasi perusahaan mereka. Berikut penjabarannya;

Miliki visi yang jelas tentang kultur perusahaan yang diinginkan

Anne membuka diskusi dengan menekankan bahwa sebelum melakukan rekrutmen dalam jumlah yang signifikan, founder dari suatu startup harus sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai bentuk dan kultur organisasi yang coba ia bangun.

Melakukan rekrutmen tanpa mempersiapkan hal ini terlebih dahulu kata Anne berpotensi menjadi blunder dan merugikan.

Strategi rekrutmen startup | Anne Caron

Anne Caron, People Strategy Expert dari Anne Caron Consulting

“Percaya atau tidak, visi perusahaan akan berdampak pada karakter orang yang kita rekrut. Sedangkan karakter orang yang kita rekrut akan membentuk kultur perusahaan. Itu artinya, kultur perusahaan sudah mulai terbentuk sejak bergabungnya pegawai pertama di perusahaan.”

Itu sebabnya, Anne mengingatkan bahwa visi seorang