Press "Enter" to skip to content

KSP Dorong Kewirausahaan Kaum Difabel

TANGERANG SELATAN – Pemerintah mendukung penuh setiap warga negara, termasuk kelompok difabel, untuk mengembangkan jiwa wirausaha. Hal ini terlihat saat Tenaga Ahli Madya Kedeputian V KSP Sunarman Sukamto dan Fahd Pahdepie, mengunjungi ‘mobile cafe’ Kito Rato yang digagas tiga anak muda penyandang disabilitas di BSD, Tangerang Selatan, Selasa, 3 September 2019.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk memberi semangat kepada Wahyu Alistia (25), Saldi Rahman (23), dan Rendi Agustra (24), tiga orang penyandang disabilitas yang telah membuktikan diri bisa berdaya dengan berwirausaha.man7

Menurut Sunarman, Kito Rato yang memiliki arti ‘kita sama rata’ bisa memberi teladan dan inspirasi bagi banyak penyangdang disabilitas lain yang mungkin belum berani berkarya.

“Pemerintah melalui KSP terus berjuang untuk membela dan memenuhi hak-hak kaum difabel. Memastikan UU No. 8 tahun 2016 tersosialisasikan dan diimplementasikan oleh semua pihak. Kita perlu banyak success story, bahwa kaum difabel bisa setara dengan yang lain. Kito Rato menginspirasi kita semua,” papar Sunarman.

Tularkan Semangat Positif

man6Dalam kesempatan yang sama, Fahd Pahdepie menyampaikan bahwa semangat yang ditunjukkan tiga anak muda difabel pendiri kedai kopi ini harus ditularkan kepada lebih banyak anak muda lain.

“Ini bukan hanya akan menginspirasi sesama kaum difabel, tetapi kita semua. Terutama anak-anak muda. Jangan takut untuk berkarya dan berkolaborasi. Ini spirit yang ingin dikerjakan pemerintahan Jokowi lima tahun kedepan, tentang SDM yang unggul,” kata Fahd yang juga dikenal sebagai motivator dan penulis buku kekinian di kalangan milenial.

Sejak awal pemerintahan presiden Jokowi, pemerintah melalui KSP terus mendorong advokasi dan pemenuhan hak-hak kaum difabel. Dalam hal kewirausahaan dan UMKM, pemerintah mendorong implementasi UU No. 8 Tahun 2016 pasal 58, yang mengamanatkan Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mendukung dan melibatkan UMKM difabel dalam pengadaan barang dan jasa.

“Hal ini akan menggerakkan UMKM difabel yang merupakan sektor real,” pungkas Sunarman.man4

Go to Source
Author:

editor 3
Follow me

Mas Bejo

Digitalpreneur dan sociopreneur untuk IndonesiaMaking 4.0. Ketua Bara JP Gresik. Ketua BARKOD Gresik. Founder Yasiam.web.id.
Mas Bejo
Follow me
%d blogger menyukai ini: