Press "Enter" to skip to content

Menganggur karena Dampak Corona, Ini 6 Pekerjaan Online yang Patut Dicoba


Banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan ladang pencarian akibat Pandemi Corona.
Memang sekarang kita menghadapi masa-masa sulit karena setiap harinya kita seperti berada di medan perang tapi dengan musuh yang tidak kelihatan belum lagi perekonomian ikut tergoncang karena peperangan ini.

Melewati masa-masa sulit ini kia dituntut harus menjadi survival untuk tetap sehat dan selamat.
Menyangkut masalah Kehilangan pekerjaan merupakan hal yang membuat stres banyak orang yang mengalaminya karena ini menyangkut asap di dapur yang perlu mengepul.

Ada banyak jalan menuju Roma daripada membiarkan diri dalam stres yang berkepanjangan dan terus meratapi nasib malang dan kemudian melampiaskannya dengan marah-marah terhadap keluarga lebih baik menjernihkan pikiran dan mulai mencari jalan keluar dan peluang yang tersedia, apalagi sekarang era digital yang memudahkan untuk mencari pekerjaan secara online ataupun untuk berbisnis online.

Beberapa pekerjaan yang patut dicoba selama menganggur adalah:

  1. Menjual kue atau makanan secara online

Awal Pandemi Corona merebak dan masyarakat dituntut harus tetap dirumah sehingga sekolah dan bekerjapun mulai dilakukan di rumah. Para wanita pekerja yang mempunyai banyak waktu luang mulai banyak yang mencoba memasak beragam jenis kue atau penganan ataupun masakan lainnya dan setiap masakan tersebut biasanya di posting di media sosial seperti Facebook, Instagram, dsb.

Ternyata yang tadi memasak kue atau makanan lainnya hanya untuk keluarga tapi karena ada kenalan yang memesan akhirnya berubah menjadi bisnis.

Sekarang marak bermunculan para ibu yang berbisnis kue dan saya rasakan di medsos saya dimana banyak orang yang tadinya tidak berbisnis kue tapi sekarang ini sudah berbisnis kue, ada yang spesialis menjual berbagai macam roti buatan rumah, ada yang menjual dan menerima pesanan segala jenis kue dan bolu. Ada yang menjual jenis bolu tertentu, atau menjual kue tradisional atau kue jajanan pasar jenis tertentu yang semuanya itu buatan rumah.

Orang-orang tertarik dengan buatan rumah karena dianggap lebih bersih dan lebih sehat apalagi yang menjual misal orang yang dikenal sehingga lebih terjamin kualitasnya.

Pemasaran dan promosinya bisa dilakukan lewat instagram, Facebook, WhatsApp ataupun menggunakan aplikasi online seperti go food, Grabfood.

Sosial media sangat membantu dalam hal promosi dan penjualan sehingga menjangkau banyak pembeli.Keuntungan menjual kue online ini adalah biasanya kue dibuat berdasarkan pesanan atapun mereka promosikan untuk jenis kue tertentu ready di hari tertentu sehingga mereka tidak dirugikan dengan kue yang tersisa.

Untuk meningkatkan keterampilan memasak kue bisa belajar secara otodidak dan video tutorialnya bisa dilihat di YouTube, Facebook.

  1. Melayani jasa bayar tagihan, dan isi pulsa

Sekerang untuk membayar tagihan sangat mudah karena banyak aplikasi online yang menyediakan layanan jasa membayar tagihan tetapi tidak setiap orang yang melek digital jadi ini bisa dimanfaatkan menjadi bisnis, mungkin untungnya tidak seberapa tetapi jika banyak orang yang membayar tagihan dan nembeli pulsa itu membantu dapur tetap mengepul.

Sedangkan aplikasi yang dipilih untuk membayar tagihan sebaiknya jangan satu aplikasi karena setiap aplikasi mempunyai promo dan keunggulan yang berbeda.

Contoh aplikasi untuk membayar listrik bisa Ovo, Dana, Ayopop, Kudo, dsb.

  1. Menjadi reseller atau dropshiper

Tidak punya bakat dan minat memasak bisa mencoba menjadi reseller dan dropshipher. Bisnis ini tidak memerlukan modal karena biasanya pembeli transfer dulu baru barang dikirim dan biasanya setelah pembeli transfer baru kita membelinya.

Dulu saya sempat menjadi dropshiper dan reseller selama beberapa tahun dan pendapatan yang saya terima pernah melebihi dari gaji yang saya terima sebagai karyawan.

Ketika menjadi dropshiper saya mencari supliernya melalui internet dan saya berhasil menemukan banyak suplier yang menjual dengan barga murah dan menerima dropshiper. Begitu juga ketika saya menjadi reseller saya mencarinya melalui internet dan saya menemukan sebuah Distributor yang sudah berbentuk PT yang menjual tas, sepatu yang merupakan brand dari luar negeri.

Sekarang sudah banyak penjual yang membutuhkan resseler ataupun dropshiper dan informasinya mudah didapatkan dari internet.

  1. Menjadi Freelancer

Bagi yang mempunyai keahlian khusus seperti Video editing, desain grafis, content writer, digital marketing, programming &Tech, musik dan audio, project management, financial consulting, dsb, dapat menawarkan jasanya di Fiverr, fastwork.id, sribulancer, ataupun situs-situs lainnya.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah portfolio sesuai dengan keahlian atau jasa yang anda tawarkan, Dan data-data pendukung lainnya yang dapat mendukung keahlian yang anda tawarkan.

Buat sebaik mungkin supaya orang-orang tertarik mempekerjakan anda.

  1. Menjadi Virtual Asisten

Virtual Asisten merupakan kontraktor independen yang menyediakan layanan administrasi kepada klien saat beroperasi di luar kantor berdasarkan perintah verbal.
Salah satu situs yang membutuhkan Virtual Asisten sebagai customer support nadalah influx.com.

Influx.com adalah perusahaan yang menyediakan layanan pelanggan untuk merek dan perusahaan teknologi sesuai dengan permintaan.

Setelah menyelesaikan Aplikasi lamaran di influx, tunggu beberapa waktu maka pihak influx akan menghubungi lewat enail dan memberikan tes tertulis, jika lulus tes tertulis akan masuk tahap selanjutnya yaitu interview jika sudah melewati seluruh tahapan tes maka anda sudah dapat bekerja dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kontrak. Masih banyak situs lainnya yang membutuhkan Virtual Asisten dan anda juga menawarkan jasa sebagai Virtual Asisten di Fiverr.

  1. Menjadi transcriber

Transcriber bertugas untuk membuat suatu transkrip dari sebuah rekaman ke dalam bentuk tulisan.

Setiap rekaman berisi percpercakapan yang harus dituliskan setiap kata yang diucapkan dengan lengkap, jelas dan benar tanpa boleh ada tertinggal satu kata pun.

Situs-situs yang membutuhkan Transcriber seperti: TranscriberMe, Terescription, Rev, Quicktate, dsb.

Bagaimana apakah anda berminat untuk mencoba pekerjaan-pekerjaan diatasi?

KOMPASIANA

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: