Press "Enter" to skip to content

Peringatan Hardiknas Diwarnai Demo Tolak Pungli di Sekolah dan Kampus

Aksi unjuk rasa digelar mahasiswa dengan melakukan orasi terbuka. Selain itu, mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan berbagai kalimat bernada kritik. Seperti menolak komersialisasi pendidikan, hapus Undang-Undang Perguruan Tinggi 12/2012, tolak pungli dan tuntutan agar pendidikan digratiskan.

Ketua Umum PMII Gresik Faisol Ridho mengatakan praktik dunia pendidikan hari ini dinilai tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Dia mencotohkan beberapa aturan yang menegaskan larangan adanya pungutan liar, namun di lapangan praktik tersebut sangat marak. “Kalau praktik ini dibiarkan terus kasihan para orang tua, mereka terbebani dengan biaya pendidikan yang tidak masuk akal,” ujarnya.

Menurut dia, beberapa sekolah memang merubah pungutan liar menjadi sumbangan suka rela. Namun kata Faisol hal itu tetap saja memberatkan bagi wali murid. Sebab sumbangan tersebut bersifat wajib. “Banyak kasus yang kami temukan, sumbangan berbentuk paksaan, seperti rekrasi, biaya perpisahan sekolah dan pembangunan gedung,” jelasnya.

Selain mengkritisi banyaknya praktik pungutan liar, massa aksi juga meminta agar Undang-Undang Perguruan Tinggi 12/2012 segera dihapuskan. Menurut Faisol undang-undang tersebut dianggap memberikan ruang biaya kuliah bagi mahasiswa semakin mahal. Sebab dalam aturannya, biaya perkulihan diserahkan ke pihak swasta. Sehingga negara dianggap tidak hadir dalam mempengaruhi biaya kuliah.

Menanggapi hal itu Kepala Dispendik Gresik Mahin mengatakan selama ini pihaknya tidak pernah menyepakati adanya praktik pungutan liar. Bahkan melalui lembaganya, pihaknya sudah mengirimkan surat imbauan agar praktik pungutan liar yang terjadi di setiap sekolah ditiadakan. “Kami sudah membikin surat imbauan, agar praktik pungutan liar ditiadakan,” pungkasnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)



Source

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: