Press "Enter" to skip to content

Prabowo : Koruptor Dapat Uang Pensiun

“Kita akan panggil koruptor-koruptor itu, kita akan minta mereka taubat dan sadar kembalikan lah uang-uang yang kau (koruptor) curi, ya boleh kita sisikan sedikit lah, boleh nggak? Ya untuk dia pensiun, berapa, Kita tinggalin berapa,” ujar Prabowo dalam pidatonya di GBK, Minggu . Sumber

Sisi ‘pengampun’ yang tidak pada tempatnya seperti ini sangat berbahaya bagi keberlangsungan sebuah negara.
Model threatment terhadap para pelaku korupsi di Indonesia memang terbilang masih belum maksimal untuk memberantas praktik tersebut. Sistem yang masih belum sempurna dengan banyak celah untuk melakukan korupsi, merupakan beban yang juga luar biasa bagi siapapun presidennya.

Presiden Jokowi sudah berusaha untuk memaksimalkan pemberantasan korupsi dengan meluncurkan digital layanan (dilan) yang berfungsi menekan tingkat ketidaktransparanan dan meningkatkan akuntabilitas pemerintahan.

Memberi uang pensiun kepada koruptor sama dengan memberikan peluang mereka untuk ‘merampok’ lebih besar kekayaan negara. Solusi yang sangat tidak layak dan tidak pada tempatnya (baca : zalim).

Permisifnya Prabowo terhadap para pelaku kejahatan luar biasa ini. mencerminkan beliau tidak layak disebut sebagai orang yang tegas. Prabowo tidak bisa memberikan solusi yang efektif untuk sebuah tindak pidana korupsi. Beliau sangat tidak layak untuk menjadi seorang pemimpin yang tegas dan berwibawa.

“Sehingga justru itu (sikap toleran memberi koruptor pensiun) bertentangan dengan semangat yang sudah dibangun selama ini, bahwa pemberantasan korupsi itu menghukum badan pelakunya dan kemudian merampas atau menyita asetnya. Nah konsep kayak begitu bertentangan dengan desain pemberantasan korupsi di dalam undang-undang 31 tahun 1999 yang kemudian menghukum badan, merampas aset pelaku kejahatan korupsi itu, bukan justru menafkahinya dalam bentuk uang (pensiun), apalah begitu seperti bahasa dia (Prabowo),” kata Donal.

Dikutip dari Detik.com

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: