Press "Enter" to skip to content

Presiden: Sudah Saatnya Perhatikan Ekosistem Flora dan Fauna serta Reboisasi

Presiden Jokowi saat menyaksikan pelepasan secara simbolis Elang Jawa di TNGM Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/2). (Foto: Humas/Rahmat)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa saat ini bahwa sekarang saatnya memulai hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem satwa, flora-fauna, kemudian juga penanaman kembali atau reboisasi di kawasan-kawasan yang sering banjir dan tanah longsor.

“Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero memiliki kemampuan untuk menampung 6 pasang Elang Jawa, tetapi yang dilepas hari ini hanya satu pasang,” ujar Presiden Jokowi usai secara simbolis melepas Elang Jawa di TNGM Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Kalau nanti ada lagi Elang Jawa yang dilepas, menurut Presiden bukan saja elangnya saja tetapi juga burung-burung yang kecil, yang dipakai untuk makanan elang.

“Tadi kan sudah saya sampaikan juga di sana, tanam vetiver, tanam tanaman-tanaman yang juga fungsi hijaunya ada tapi fungsi ekonominya juga ada,” ujar Presiden seraya menambahkan akan terus mendorong hal ini.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga mendengarkan laporan pengelolan Volcano Science Techno Park, Sistem Pengendalian Banjir Lahar Gunung Merapi, dan sejarah tentang Gunung Merapi.

Turut hadir dalam agenda ini, Mensesneg Pratikno, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Gubernur Provinsi DIY Sultan Hamengkubuwono X. (TGH/EN)

%d blogger menyukai ini: