Press "Enter" to skip to content

Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 14 Februari 2020

Tech in Asia telah merangkum sejumlah berita startup dalam negeri, serta agenda terkait industri teknologi yang bisa kamu hadiri sepekan mendatang.

Beberapa berita yang telah kami himpun di antaranya strategi GoFood ke depan, peluncuran aplikasi parenting dari Orami, hingga Sribu yang merilis survei mengenai tren pekerjaan freelancer di Indonesia 2020.


GoFood ingin tingkatkan kepuasan pelanggan lewat program #LebiHepi

(kiri-kanan) Co-CEO Gojek – Kevin Aluwi, Chief Corporate Affairs Gojek – Nila Marita, Chief Food Officer Gojek Group – Catherine Hindra Sutjahyo, dan Chief Marketing Officer Gojek – Ainul Yaqin

GoFood mengklaim jumlah pelanggannya pada kuartal keempat 2019 telah meningkat 2 kali lipat (hingga jadi lebih dari 20 juta pelanggan) dibanding periode sama tahun sebelumnya. Guna menindaklanjuti pencapaian tersebut, Catherine Hindra Sutjahyo selaku Chief Food Officer Gojek Group berencana “memperkuat fokus pada memberikan kepuasan berkuliner bagi pelanggan, dengan terus berinovasi lebih dari sekadar layanan online food delivery.

Sejumlah langkah yang diambil Gojek untuk memenuhi visi tersebut adalah dengan menghadirkan fitur-fitur baru, seperti GoFood Plus (berlangganan untuk potongan harga tanpa voucer) hingga integrasi dengan Google Assistant. Strategi ini kemudian diimplementasikan dalam kampanye #LebiHepi, di mana GoFood akan “berfokus pada dua aspek utama, yaitu mengantarkan kebahagiaan (delightfulness) dan memberikan layanan super cepat (speed),” kata Chief Marketing Officer Gojek Ainul Yaqin.

Orami luncurkan aplikasi parenting

Layanan e-commerce untuk ibu dan bayi, Orami, meluncurkan aplikasi parenting berbasis komunitas. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur untuk memfasilitasi para orang tua, seperti fitur chat untuk berdiskusi, artikel dan video mengenai pengasuhan anak, hingga menawarkan diskon produk-produk kebutuhan anak.

Orami berdiri di 2016 setelah merger Moxy dan Bilna yang sama=sama meluncurkan e-commerce untuk produk kebutuhan wanita. Orami telah menghimpun pendanaan sedikitnya US$15 juta (sekitar Rp201 miliar) dari berbagai investor, seperti SMDV, Gobi Partners, Ardent Capital, dan Velos Partners.

Survei Ipsos: GoPay dompet digital favorit milenial Indonesia

GoPay Untar QRIS Pertama

Survei berjudul The Evolution of the Digital Wallet: Driving the Next Wave of Growth yang dilakukan lembaga riset pasar Ipsos (dan didukung oleh Gojek) menyebut GoPay sebagai dompet digital yang dipakai sebagian besar responden di Indonesia. Dari lima ratus milenial dan Generasi Z yang disurvei, 54 persen responden menyatakan memilih GoPay dibanding layanan serupa lain.

Sebelumnya, Tech in Asia memperoleh data berbeda yang menyebutkan bahwa OVO sebagai layanan pembayaran digital terbesar di Indonesia berdasarkan nilai transaksi. OVO bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menyelenggarakan layanan pembayaran elektronik, salah satunya dengan pihak Grab yang sama-sama menyediakan layanan transportasi online.

Tech in Asia telah menghubungi pihak Grab untuk meminta pendapatnya atas hasil survei ini.

Sribu rilis survei tren pekerja lepas dalam negeri

Survei Tren Freelancer di Indonesia yang dirilis Sribu (Dok.Sribu)

Startup di bidang penyediaan jasa solusi konten dan pemasaran berbasis crowdsourcing, Sribu, merilis hasil survei bertajuk Tren Freelancer di Indonesia 2020. Survei yang diadakan pada Januari 2020 ini melibatkan lebih dari dua ratus pekerja lepas yang telah melalui proses kurasi tim Sribu, serta berdomisili di berbagai kota di Indonesia dengan profil:

  • 65 persen berasal dari kelompok usia di bawah 30 tahun,
  • 27 persen berusia 30-40 tahun, dan
  • Sisanya berusia 40 tahun ke atas.

Hasil survei menyatakan tren bekerja lepas makin diminati di kalangan milenial dan Generasi Z di Indonesia. Lebih dari 20 persen responden mengaku berpenghasilan lebih dari Rp3,5 juta per bulan, atau setara dengan Upah Minimum Regional (UMR) bagi sarjana di DKI Jakarta.


Berita Startup dan Teknologi Lainnya

Achmad Zaky Rachmat Kaimuddin | Featured

Achmad Zaky berbagi kisah di balik pergantian CEO Bukalapak akhir 2019 lalu, serta harapannya pada Rachmat Kaimuddin yang jadi penerusnya.


Acara Startup dan Teknologi Pekan Depan

#SelasaStartup Innovation Empower People

Dapatkan wawasan mengenai inovasi dalam pemberdayaan masyarakat di tengah era disrupsi teknologi. 

Tanggal: Selasa, 18 Februari 2020
Waktu: 18.00 – 20.30 WIB
Lokasi: DailySocial.id Kemang Office
Jalan Kemang Selatan ID No. 2, Kemang
Mampang Prapatan, Jakarta 12730

QTalk Vol. 2: Empowering the Developers: A Great to A Great!

Membahas keterampilan yang diperlukan developer dalam membangun kariernya, baik dari segi hard skill maupun soft skill.

Tanggal: Rabu, 19 Februari 2020
Waktu: 19.00 – 21.00 WIB
Lokasi: Koléga x MarkPlus, Satrio
Jalan Professor Doktor Satrio
Setia Budi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

Fintech Talk : How Digital Footprint can Affect Fintech Credit Assessment

Ketahui bagaimana data dan rekam digital dapat mempengaruhi credit scoring calon nasabah dalam layanan fintech.

Tanggal: Kamis, 20 Februari 2020
Waktu: 14.00 -16.00 WIB 
Lokasi: UnionSPACE – Satrio Tower Level 16
Jalan Kuningan Barat Raya
Kecamatan Setiabudi, Jakarta 12950

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 14 Februari 2020 appeared first on Tech in Asia.

The post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 14 Februari 2020 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

%d blogger menyukai ini: