Press "Enter" to skip to content

Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 18 Januari 2020

Selamat datang di Startup & Teknologi dalam Sepekan Tech in Asia. Pada edisi 18 Januari 2020 ini, kami telah merangkum sejumlah berita startup dan teknologi dalam negeri yang terjadi seminggu terakhir serta berbagai event terkait yang akan digelar pekan depan.

Beberapa berita startup yang kami himpun seperti Moladin yang baru saja mendapat pendanaan Pra-Seri A, dan kunjungan Bukalapak ke Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) RI. Ada juga kerja sama LinkAja dengan Ditjen Dukcapil, serta kolaborasi Traveloka dan BNI untuk sukseskan fitur PayLater.


CEO Bukalapak temui Menkomarves RI

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin bersama Menkomarves RI Luhut Binsar Pandjaitan

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin bersama jajaran manajemen Bukalapak berkunjung ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, 17 Januari 2020.

Dalam sesi perbincangannya, Rachmat menyampaikan bahwa Bukalapak terus melaksanakan digital good governance, dan mengoptimalkan berbagai fitur guna mendukung peningkatan pendapatan negara dan kerja pemerintah.

Menteri Luhut memberi arahan agar Bukalapak terus mengembangkan fitur BukaGlobal demi meningkatkan daya saing pelaku UMKM, termasuk produk olahan ikan. Ia juga mengapresiasi inovasi Bukalapak yang menyediakan pembayaran Pajak, Bea Cukai, PNBP melalui fitur penerimaan negara, selain pembayaran PBB dan Pajak Kendaraan Bermotor.

LinkAja gandeng Ditjen Dukcapil

Berita-startup-linkaja

LinkAja resmi bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Kerja sama ini dalam meningkatkan fungsi proses verifikasi dan validasi identitas pengguna uang elektronik.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini membuat layanan elektronik Know Your Customer (e-KYC) LinkAja tidak hanya dengan pengenalan foto pengguna yang disesuaikan dengan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, tetapi juga data kependudukan yang dikelola oleh Ditjen Dukcapil.

Pemerintah Indonesia memang mewajibkan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran selain Bank untuk menerapkan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT). Semuanya telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia. Identifikasi dan verifikasi identitas diperlukan untuk mencegah risiko terjadinya transaksi keuangan mencurigakan. 

Traveloka gandeng BNI untuk sukseskan PayLater

Traveloka berkolaborasi dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) untuk memperluas pasar layanan pembayaran dengan cicilan, PayLater. Perusahaan online travel agent (OTA) ini juga menargetkan, pinjaman lewat fitur PayLater mencapai Rp 6 triliun selama tahun 2020 ini.

Henry Hendriawan selaku President Traveloka Group Operations menyatakan, kerja sama strategis ini bersifat jangka panjang. Ia mengungkapkan kolaborasi ini akan fokus menggaet segmen yang belum mendapat akses layanan keuangan (underbanked) di Indonesia. 

Fitur PayLater pertama kali dirilis oleh Traveloka di tahun 2018 lalu. Hingga kini, jumlah pengguna fitur tersebut telah meningkat hingga sepuluh kali lipat. Sedangkan angka jumlah transaksi mereka juga ikut tumbuh sebesar lima kali lipat dibanding saat pertama kali diperkenalkan.

Moladin raih pendanaan Pra-Seri A

Moladin, platform e-commerce khusus untuk sepeda motor mengumumkan pendanaan Pra-seri A yang dipimpin oleh East Ventures dengan jumlah yang tidak disebutkan. CyberAgent Capital, sebagai investor baru bersama beberapa angel investor lainnya, turut berpartisipasi dalam ronde tersebut. 

Moladin berencana menggunakan dana baru ini untuk meningkatkan produk yang sudah ada, membangun fitur tambahan seperti kategori penjualan mobil baru dan layanan pembiayaan sepeda motor, serta ekspansi ke kota-kota yang lain.


Berita Startup dan Teknologi Lainnya


Acara startup dan teknologi minggu depan

Scaling Up Your Startups 

Tanggal: Selasa, 21 Januari 2020
Waktu: 12:00 PM – 5:30 WIB
Lokasi: Apiary Coworking Space (Kuningan) Kav. 27 Jalan Gatot Subroto Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Data Science Classroom: Computer Vision Principles and Practice

Tanggal: Selasa, 21 Januari 2020
Waktu: 18.30-21.00 WIB
Lokasi: Accelerice Indonesia No.5 Jalan Haji R. Rasuna Said Jakarta, Jakarta 12950

ICEHOUSE Public GeekTalk

Tanggal: Kamis, 23 Januari 2020
Waktu: 18.00-21.00 WIB
Lokasi: Graha Tirtadi Jalan Senopati no. 71 – 73 3rd floor Kec. Kby. Baru, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

(Diedit oleh Ancha Hardiansya)

This post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 18 Januari 2020 appeared first on Tech in Asia.

The post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 18 Januari 2020 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

%d blogger menyukai ini: