Press "Enter" to skip to content

Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 18 Mei 2019

Selamat datang di Startup & Teknologi dalam Sepekan di Tech in Asia. Dalam artikel mingguan ini, kami akan merangkum sejumlah kejadian di ranah startup/teknologi dalam negeri, serta berbagai event terkait yang akan digelar minggu depan.

Kabar pertama datang dari Tokopedia. Menyambut Lebaran, Tokopedia merilis dua fitur baru, yaitu Tokopedia Asuransi Mudik dan juga Tokopedia Zakat Fitrah. Selain itu, GOJEK baru saja menginisiasi Bengkel Belajar Mitra sebagai upaya mereka membuat mitra semakin berdaya dan sejahtera.

Berita juga hadir dari Gringgo yang baru saja mendapat dana hibah dari ajang Google AI Challenge dan siap menggunakannya demi mengatasi masalah sosial di masyarakat. Untuk informasi lebih lengkap mengenai berita startup dan teknologi pekan ini, berikut rangkumannya.


Tokopedia sambut Lebaran dengan dua fitur baru

Startup sepekan | image 5

Fitur pertama adalah Tokopedia Zakat Fitrah, di mana Tokopedia bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dompet Dhuafa untuk menjamin penyaluran uang zakat yang aman dan amanah.

Sementara fitur Tokopedia Asuransi Mudik memberikan proteksi dan jaminan dengan masa berlaku selama dua puluh hari, termasuk perawatan medis pascakecelakaan, pencurian dan kebakaran, kecelakaan diri, pembatalan perjalanan, dan layanan bantuan darurat di jalan.

GOJEK hendak menyejahterakan mitra dengan Bengkel Belajar Mitra

Startup sepekan | image 1

Sebagai bentuk komitmen terhadap kesejahteraan mitra driver dan merchant mereka, GOJEK menginisiasi Bengkel Belajar Mitra (BBM) dan GOJEK Swadaya. Program ini hadir untuk membantu mitra memiliki pendapatan yang berkesinambungan, pengelolaan finansial yang baik, serta pengembangan pengetahuan dan skill.

Program BBM akan memberikan pelatihan Pengembangan Layanan Prima dan Pengembangan Kemampuan diri. Sementara program GOJEK Swadaya akan fokus memberikan ragam layanan finansial sesuai kebutuhan mitra.

Dapat dukungan Google, Gringgo dan Datanest atasi sampah dengan AI

Startup sepekan | image 2

Gringgo baru saja mendapatkan dana hibah sebesar US$500.000 (sekitar Rp7,2 miliar) dari Google.org melalui program Google AI Challenge. Google AI Challenge merupakan ajang di mana lembaga nirlaba, social enterprise, atau peneliti mengajukan ide penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk mengatasi masalah sosial.

Dengan dana ini, Gringgo menggandeng Datanest untuk menerapkan sistem AI yang bertujuan meningkatkan kapasitas daur ulang, mengurangi polusi plastik di laut, dan memperbaiki pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat.

Booking.com umumkan penerima penghargaan Program Akselerator Booking Booster 2019

startup sepekan | image 4 copy

Booking.com mengumumkan startup bidang pariwisata yang menerima dana hibah sebagai bagian dari program akselerator Booking Booster 2019. Lembaga dari Indonesia yang mempromosikan pariwisata bertanggung jawab, Sumba Hospitality Foundation, menjadi salah satu yang terpilih untuk menerima dana hibah sebesar Rp1,6 miliar.

Program yang berlangsung selama tiga minggu ini terdiri dari seminar, workshop, dan sesi pelatihan yang dipimpin oleh karyawan dan ahli Booking.com. Puncak dari program ini adalah pemberian hibah berskala hingga Rp32 miliar.


Berita startup dan investasi lainnya


Acara startup dan teknologi minggu depan

berita startup | picture

Buka Bareng Teman Kata: Know More Do More With Kata Platform

Tanggal: Senin, 20 Mei 2019
Waktu: 16.00-17.00 WIB
Lokasi: GoWork Pacific Place – Coworking and Office Space
No.52-53 Jalan Jendral Sudirman

FAZZTALK DEV SERIES – Microservices 4.0

Tanggal: Selasa, 21 Mei 2019
Waktu: 19.00-21.00 WIB
Lokasi: CoHive Menara Prima Lt 6
Jalan Doktor Ide Anak Agung Gde Agung

Women and Social Media: The Good and The Bad

Tanggal: Rabu, 22 Mei 2019
Waktu: 14.00-16.30 WIB
Lokasi: At America
Pacific Place Mall 3rd Floor

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 18 Mei 2019 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

%d blogger menyukai ini: