Press "Enter" to skip to content

Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 21 Februari 2020

Tech in Asia telah merangkum sejumlah berita startup dalam negeri, serta agenda terkait industri teknologi yang bisa kamu hadiri sepekan mendatang.

Beberapa berita yang telah kami himpun di antaranya isu pendanaan Mitsubishi UFJ Financial Group ke Grab, Kolaborasi Traveloka dan Bank Mandiri, hingga program terbaru dari Pintaria.


Traveloka gandeng Bank Mandiri luncurkan kartu kredit

Ini merupakan kartu kredit co-branding kedua yang dirilis Traveloka, setelah pada 2019 lalu bekerja sama dengan BRI. Peluncuran kartu kredit ini sejalan dengan pernyataan Presiden Traveloka Henry Hendrawan di akhir 2019 yang menargetkan lini bisnis layanan keuangan perusahaannya tumbuh hingga US$1 miliar (sekitar Rp14 triliun) di 2020. 

Henry Gunardi selaku Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri menyatakan kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap sektor pariwisata di Indonesia. Dengan beragam fitur dan benefit eksklusif yang ditawarkan, ia optimistis kartu kredit ini sesuai dengan kebutuhan dan minat dari pasar Indonesia, khususnya kalangan milenial.

BCA dan GK-Plug and Play gelar SYNRGY Accelerator

Setelah sebelumnya meluncurkan program SYNRGY Accelerator batch pertama pada 2019, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan melanjutkan kembali program akselerator dan wadah kolaborasi komunitas startup di awal 2020 ini.

Tahun ini BCA menggandeng GK – Plug and Play sebagai Partner untuk menjalankan program akselerator yang berfokus pada bidang augmented reality (AR), virtual reality (VR), internet of things (IOT), biometric, robotic, computer vision, dan artificial intelligence (AI)/ machine learning (ML).

Dari proses kurasi startup yang sudah dilakukan GK-Plug and Play, terpilih sebelas startup untuk mengikuti program SYNRGY Accelerator batch 2 ini: AI Sensum, Assemblr, Cubeacon, Delman IO, DyCodeX, KYCK!, Octagon Studio, Qomodo, Shinta VR, Verihubs dan Zero One.

Pintaria30 untuk dukung ekosistem digital lokal

Untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja digital, khususnya Full Stack Developer, Pintaria mengadakan program Pintaria SUPER30. Program ini akan menawarkan kesempatan beasiswa, pelatihan kursus Full Stack Developer, hingga peluang kerja di perusahaan teknologi lokal.

Saat ini sudah tersaring enam puluh peserta untuk mempelajari soft skill dan hard skill yang dibutuhkan seorang Full Stack Developer. Selama enam bulan ke depan, mereka akan dibimbing oleh sederet mentor yang berpengalaman sebagai praktisi IT di berbagai perusahaan. 

Program ini akan meluluskan tiga puluh peserta, yang bakal disalurkan bekerja sebagai Junior Full Stack Developer di perusahaan-perusahaan mitra, antara lain Bank Mandiri, BFI Finance, Kompas.com, IDN Times, dan Getplus Indonesia.

Mitsubishi UFJ Financial Group dikabarkan siap suntik dana ke Grab

Menurut Bloomberg, langkah ini diambil MUFG untuk menjalin kolaborasi strategis dengan Grab. Nominal investasi yang bakal disalurkan mencapai US$700 juta (Rp 9,6 triliun).

Menariknya, Mitsubishi UFJ Lease and Finance yang merupakan anak perusahaan MUFG sebelumnya sudah lebih dulu bergabung menjadi investor pada putaran pendanaan Seri F Gojek pada Juli 2019 lalu.

Woobiz dan IPPNU jalin kerja sama pembinaan perempuan mandiri

Startup social commerce Woobiz mengumumkan kerja sama dengan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama) untuk mendukung kewirausahaan para santri. Melalui kerja sama ini, Woobiz akan memfasilitasi individu khususnya kalangan santri perempuan, dengan memberi akses ke berbagai macam produk yang bisa dipesan untuk dijual.

Produk yang hendak dijual akan dikemas dalam bentuk set. Tidak hanya sekadar berjualan produk, peserta juga mendapatkan edukasi mengenai cara berjualan yang baik melalui keberadaan program Wooniversity.

Pintek sosialisasi layanan lewat Edu-gathering 2020

Startup layanan pendanaan pendidikan, Pintek, menyelenggarakan acara Pintek Edu-Gathering 2020 di Jakarta. Acara tersebut merupakan ajang diskusi untuk memperkuat komitmen transformasi pendidikan, serta melanjutkan kolaborasi Pintek dengan para mitra dan stakeholder.

Acara tersebut melibatkan Microsoft Indonesia, Badan Standar Nasional Pendidikan, dan London School of Public Relations. Tommy Yuwono selaku Founder Pintek berharap kegiatan ini bisa menginspirasi institusi pendidikan.


Berita Startup dan Teknologi Lainnya

Michaelangelo-Moran
Michaelangelo Moran, salah satu co-founder Gojek

Mirip dengan kisah Paypal Mafia, Gojek juga punya deretan alumni yang kini mendirikan startup sendiri di Indonesia. 


Acara Startup dan Teknologi Pekan Depan

Startup Success Journey: Tips and Trick

Dengar perspektif co-founder Kopi Kenangan dan Piniship tentang cara dan pengalaman mereka mengembangkan startup di Indonesia

Tanggal: Selasa, 25 Februari 2020
Waktu: 18.00 – 20.30 WIB
Lokasi: JustCo at AIA Central, Coworking Space & Hot Desking
Kav 48A Jalan Jendral Sudirman
Setia Budi, DKI Jakarta

Why Use Phyton Djiango to Web Development?

Lead Software Engineer Bhinneka.com membagikan manfaat menggunakan Phyton Django dan berbagi contoh use case di industri

Tanggal: Kamis, 27 Februari 2020
Waktu: 19.00 – 21.00 WIB
Lokasi: ESTUBIZI Business Center
71 Jalan Wolter Monginsidi 
Kby. Baru, DKI Jakarta 12180

Neural Networks for Natural Language Processing

Cari tahu cara membangun teknologi Natural Language Processing yang memungkinkan komputer dapat memahami percakapan/teks dalam bahasa Indonesia. 

Tanggal: Sabtu, 29 Februari 2020
Waktu: 13.00 -16.30 WIB 
Lokasi: Kantorkuu Coworking & Office Space Citywalk Sudirman
Jl. K.H. Mas Mansyur No.121 Level 2 
Tanahabang, DKI Jakarta 10220

Baca juga sederet peristiwa di ranah startup dan industri teknologi selama sepekan kemarin di sini.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 21 Februari 2020 appeared first on Tech in Asia.

The post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 21 Februari 2020 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

%d blogger menyukai ini: