Press "Enter" to skip to content

Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 21 September 2019

Berita seputar startup dan teknologi dalam negeri sepekan ini diisi oleh startup fintech P2P lending JULO yang meraih pendanaan Seri A, hingga pemaparan dari lembaga riset Nielsen terhadap lanskap layanan pesan antar makanan di Indonesia.

Simak juga beragam berita menarik seputar startup teknologi lain yang telah kami publikasikan, antara lain bagaimana perusahaan teknologi multinasional sering diduga tak taat pajak, hingga kesempatan untuk bertemu tujuh perusahaan modal ventura yang berpotensi jadi calon investor kamu.


Bekraf Developer Day sambangi Samarinda

Bekraf Developer Day Samarinda | Photo

Setelah menyambangi Balikpapan pada 2018 lalu, Bekraf Developer Day kembali digelar di Provinsi Kalimantan Timur. Pada 2019 ini, acara yang mempertemukan para pakar dan praktisi di industri digital tanah air dengan para pemuda dan peminat industri kreatif itu menyambangi Samarinda.

Acara yang digelar pada 14 September 2019 lalu itu dipadati sekitar lima ratus peserta yang mengikuti sesi pembahasan seputar aplikasi dan video game. “Bekraf Developer Day merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk membangun SDM yang unggul di bidang TIK dalam rangka membawa Indonesia menjadi negara digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020,” ujar Deputi Infrastruktur Bekraf RI, Bapak Hari Santosa Sungkari.

Traveloka dan Astra Life bekerja sama tawarkan asuransi jiwa

Traveloka Astra Life | Featured

Tak hanya kebutuhan perjalanan atau aktivitas wisata, para pengguna Traveloka kini bisa membeli produk asuransi jiwa ataupun kecelakaan berkat kerja samanya dengan Astra Life. Manfaat perlindungan yang bisa diperoleh konsumen mulai dari biaya perawatan akibat kecelakaan, hingga tanggungan atas risiko meninggal dunia karena sebab apa pun.

“Ini merupakan salah satu wujud komitmen kami dalam memajukan inklusi asuransi, sekaligus memperkuat posisi sebagai perusahaan asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia,” ujar Auddie Wiranata selaku Presiden Direktur Astra Life. Ia juga menilai distribusi lewat platform digital akan menjadi masa depan industri asuransi dalam negeri.

Investree manfaatkan tanda tangan digital dari PrivyID

Investree dan PrivyID | Featured

Startup fintech Investree menjalin kerja sama dengan PrivyID guna mendorong inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia. Dengan teknologi tanda tangan digital yang dikembangkan PrivyID, proses pengajuan pinjaman dalam platform Investree diklaim bisa berlangsung lebih cepat, aman, dan praktis.

Marshall Pribadi selaku CEO PrivyID menyampaikan bahwa pemanfaatan teknologi yang memungkinkan masyarakat mengakses pembiayaan kapan saja merupakan salah satu langkah untuk mempercepat inklusi keuangan. Hal ini sejalan dengan fokus pemerintah Indonesia saat ini yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Nielsen paparkan studi tentang layanan pesan-antar makanan di Indonesia

Paparan Riset Nielsen Terkait Layanan Pesan-Antar Makanan | Featured

Dalam sebuah laporan berjudul Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market, lembaga riset Nielsen Singapura menyebutkan 58 persen dari 1.000 responden surveinya di dalam negeri menggunakan layanan pesan antar makanan untuk membeli makanan siap santap. Di antara para pengguna yang memakai beragam aplikasi, 85 persen menyebut GoFood sebagai pilihan paling populer di lingkar sosial masing-masing.

Sebelumnya pada awal 2019, Nielsen juga pernah mengadakan riset di bidang sama dan menyebutkan para pengguna di Jakarta cenderung memilih GrabFood yang dianggap mampu memberikan waktu pengantaran makanan tercepat. Lembaga riset Kantar bahkan menyebutkan 57 persen responden di Indonesia memilih GrabFood sebagai layanan antar pesan makan utamanya.

Startup fintech P2P lending JULO raih pendanaan Rp140 miliar

Pendanaan Seri A untuk JULO senilai US$10 juta (sekitar Rp140 miliar) ini dipimpin oleh Quona Capital. Sederet investor terdahulunya, seperti Skystar Capital, East Ventures, Provident Capital, Gobi Partners, dan Corvegence Ventures pun turut berpartisipasi.

“Dengan pendanaan ini, JULO akan fokus untuk mengembangkan bisnis secara keseluruhan dengan memperluas tim dan meningkatkan terus kualitas sistem skor kredit JULO,” ujar CEO & Founder JULO Adrianus Hitijahubessy. Selain JULO, ada sederet startup lain yang meramaikan pasar P2P lending Indonesia, antara lain Investree atau Crowdo.


Berita startup dan teknologi lainnya


Acara startup dan teknologi minggu depan

Event Image | Banner

Accelerate Your Business Growth With Transformative Technologies

Tanggal: Selasa, 24 September 2019
Waktu: 09.00-13.00 WIB
Lokasi: CoHive Plaza Kuningan
Jln. HR Rasuna Said Kav. C11-14, Jakarta 12940

Co-Learn : How To Sell Without Being Pushy

Tanggal: Selasa, 24 September 2019
Waktu: 16.00-18.00 WIB
Lokasi: CoHive 101
Jl. Mega Kuningan Barat Blok E.4.7, Jakarta Selatan 12950

Create 2019 – Startup Competition by Alibaba Cloud

Tanggal: Jumat, 27 September 2019
Waktu: 11.00-14.30 WIB
Lokasi: Centennial Tower Lvl. 12
Jl. Gatot Subroto No.kav 24-25, Jakarta Selatan

(Diedit oleh Ancha Hardiansya)

This post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 21 September 2019 appeared first on Tech in Asia Indonesia.