Press "Enter" to skip to content

Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 5 Oktober 2019

Selamat datang di Startup & Teknologi dalam Sepekan di Tech in Asia. Pada artikel edisi 5 Oktober 2019 ini, kami merangkum sejumlah berita startup/teknologi serta berbagai event terkait yang akan digelar minggu depan.

Di antaranya adalah kabar soal kerja sama Octopus dengan pemerintah Makassar untuk mengoptimalkan kinerja bank sampah. Ada pula fitur terbaru dari Instagram, serta partisipasi HARA di konferensi tahunan Bloomberg.


Aplikasi Octopus dukung bank sampah Pemkot Makassar 

Pemerintah Kota Makassar menandatangani nota kesepakatan dengan PT Daur Ulang Industri Terpadu lewat aplikasi berbasis IT, Octopus. Kerja sama ini sebagai bentuk sinergi terpadu penanganan sampah non-organik melalui aplikasi Octopus.

Dalam prosesnya, Octopus melakukan standardisasi jenis, kondisi, dan timbangan sampah non-organik, sehingga memberi keuntungan bagi semua pihak mulai dari masyarakat, pemulung, hingga unit bisnis sampah. Sampai Oktober 2019, Octopus telah memiliki 301 sukarelawan yang melakukan pendampingan kepada pemulung dan Satuan Tugas (Satgas) kebersihan dalam menggunakan aplikasi Octopus.

Ribuan orang berpartisipasi dalam kampanye keamanan privasi di Facebook Cafe

whatsapp

Pada September 2019, Facebook membuka Facebook Café yang berlokasi di Kawasan Melawai Terpadu, Jakarta, di mana para pengunjung bisa mengetahui informasi lebih dalam tentang cara mengendalikan privasi dan keamanan di Facebook, Instagram, serta WhatsApp. 

Di akhir event tersebut, WhatsApp mengajak sekitar 1.200 pengunjung mereka untuk berbagi pendapat tentang privasi pada secarik kertas, yang kemudian dikunci dalam gembok dan digantung pada sebuah frame logam. Hal ini adalah simbolisasi dari amannya percakapan kita di WhatsApp.

Instagram luncurkan Threads, aplikasi pesan berbasis kamera

Instagram Memperkenalkan Threads

Instagram baru saja merilis Threads, sebuah aplikasi terpisah yang dibuat untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat di tempat yang lebih khusus dan privat. Aplikasi ini didesain dengan mengutamakan privasi, kecepatan, dan kedekatan hubungan.

Artinya, pengguna memiliki kontrol penuh untuk menentukan siapa saja yang bisa menghubungi mereka. Threads juga didesain untuk komunikasi berbasis visual, di mana aplikasi akan langsung mengarahkan pengguna ke kamera smartphone mereka. Saat ini, aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store.

HARA wakili Indonesia di Bloomberg Conference 2019

Bloomberg Conference - HARA

Startup yang bergerak di bidang agrikultur, HARA, menjadi satu-satunya wakil Indonesia di acara Bloomberg Conference pada September 2019 lalu. Dalam acara bertema Data Science for SDGs tersebut, HARA memaparkan cara mereka mengembangkan sektor pangan dan pertanian dengan teknologi pertukaran data berbasis blockchain.

Hingga September 2019, HARA telah mengklaim telah menjangkau 400 desa di seluruh Indonesia, serta bekerja sama dengan lebih dari 26.000 petani. Selain itu HARA didukung oleh 700 agen mereka yang telah membantu mendistribusikan dana sebesar US$380.000 (Rp5,3 miliar) ke lebih dari 2.500 petani dengan tingkat pembayaran kembali di angka 97 persen.


Berita startup dan teknologi lainnya


Acara startup dan teknologi minggu depan

katahack

KataHack Jakarta: Build Conversational AI with Kata.ai Technology

Tanggal: Kamis, 10 Oktober 2019
Waktu: 18.00-20.30 WIB
Tempat: Kata.ai Office Jl. Kemang Raya No.54 Jakarta Selatan

Agile Contract and All You Dont Want to Know about SAFe

Tanggal: Rabu, 9 Oktober 2019
Waktu: 19.00-21.00 WIB
Tempat: Graha Merah Putih Telkom Gatsu No.Kav. 52 Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan

DevOps Indonesia Meetup: Tools, Technology, and Cultural Aspect of DevOps

Tanggal: Kamis, 10 Oktober 2019
Waktu: 18.00-21.00 WIB
Tempat: HomeCredit Indonesia Plaza Oleos , Jl. TB Simatupang No.53A, RT.2/RW.1 Jakarta Selatan

(Diedit oleh Ancha Hardiansya)

 

This post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 5 Oktober 2019 appeared first on Tech in Asia Indonesia.