Press "Enter" to skip to content

Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 9 November 2019

Selamat datang di Startup & Teknologi dalam Sepekan di Tech in Asia. Pada artikel edisi 9 November 2019 ini, kami telah merangkum sejumlah berita startup dan teknologi menarik, serta berbagai event terkait yang akan diselenggarakan minggu depan.

Beberapa berita startup menarik minggu ini ialah kerja sama startup logistik Paxel dengan Indosat Ooredoo, peluncuran YouTube Music di Indonesia, serta dukungan Telkomsel dan Kadin terhadap industri ekonomi kreatif di Indonesia.


YouTube Premium diluncurkan di Indonesia

berita startup | youtube music

Setelah sebelumnya ada Spotify, Apple Music, dan JOOX, kini YouTube Music juga turut hadir di Indonesia. Layanan yang dibundel jadi satu dengan YouTube Premium ini didesain khusus untuk mendengarkan musik, yang menyediakan lagu-lagu dan video musik musisi lokal maupun internasional.

Pengguna bisa menikmati YouTube Music secara gratis ataupun dengan berlangganan YouTube Premium. Bila berlangganan, pengguna bisa memutar lagu dan video di latar belakang smartphone.

Selain itu, YouTube Premium juga menawarkan fitur download offline dan pengalaman mendengar musik atau menonton video tanpa iklan, dengan harga mulai dari Rp49.000 per bulan. Untuk pembayaran, saat ini Youtube Music Premium hanya menerima metode potong pulsa (semua operator) dan kartu kredit.

Startup Fintech Flip resmi jalin kerja sama dengan PermataBank

berita startup | flip permatabank

Flip resmi menambahkan PermataBank dan PermataBank Syariah dalam daftar bank rekanannya pada November 2019. Dengan bergabungnya mereka sebagai rekan bank di aplikasi Flip, pengguna bebas dari biaya administrasi saat melakukan transfer uang dari atau ke bank tersebut. Selain PermataBank dan PermataBank Syariah, Flip juga sudah mendukung transfer uang bebas biaya ke dua belas bank besar lainnya.

Diluncurkan di tahun 2016, Flip merupakan penyedia layanan transfer antarbank untuk individu maupun bisnis. Hingga saat ini, Flip mengklaim sudah memiliki lebih dari 700.000 pengguna individu dan dipercaya oleh berbagai perusahaan.

Paxel dan IM3 Ooredoo hadirkan layanan pengiriman kartu perdana

berita startup | paxel ooredoo

Paxel, startup logistik berbasis teknologi menyediakan layanan “same day delivery” antarkota antarprovinsi untuk setiap pembelian kartu perdana IM3 Ooredoo secara online. Kerja sama ini merupakan turut andil Paxel untuk membantu IM3 Ooredoo memberikan kemudahan pengiriman kartu perdana prabayar ini.

Mulai 5 November 2019, masyarakat yang ingin membeli kartu perdana IM3 Ooredoo, bisa membelinya di situs web IM3 Ooredoo, atau melalui im3.do/shop. Kartu perdana prabayar tersebut akan dikirim tanpa biaya oleh Paxel ke rumah pembeli di hari yang sama, dalam rentang waktu 8 jam untuk Jabodetabek dan 10-15 jam untuk antarkota antarprovinsi.

Telkomsel dan Kadin manfaatkan IoT untuk akselerasi industri ekonomi kreatif

berita startup | telkomsel kadin

Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi menunjukan komitmennya dalam mendorong penerapan teknologi digital di berbagai sektor dengan menjalin kolaborasi bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), untuk  pengembangan solusi mobility dan digital industri ekonomi kreatif.

Pada kolaborasi ini, Telkomsel dan Kadin sepakat untuk melakukan pengembangan dan pemanfaatan solusi mobility, Internet of Things (IoT), dan digitalisasi dari Telkomsel untuk anggota Kadin. Selain itu, Telkomsel dan Kadin juga akan bersinergi dalam mengembangkan dan memasarkan solusi-solusi tersebut bagi kepentingan pelaku usaha di luar anggota Kadin.

Kolaborasi tersebut juga menjadi pendorong terhadap penggunaan internet oleh para pelaku usaha sebagai strategi pemasaran dan branding produk.  Telkomsel sendiri menghadirkan solusi tersebut melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise yang menyediakan berbagai solusi bisnis untuk segmen perusahaan besar, pemerintahan, hingga UMKM.


Berita startup dan teknologi lainnya


Acara startup dan teknologi minggu depan

berita startup | apiary

Recruitment 4.0: Empowering Recruitment with Online Psychometrics Technology

Tanggal: Kamis, 14 November 2019
Waktu: 13.00-15.30 WIB
Lokasi: Apiary Coworking Space (Kuningan)
Kav. 27 Jalan Gatot Subroto
Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Behind Great Product: Roadmap Evolution & Planning

Tanggal: Kamis, 14 November 2019
Waktu: 19.00-21.00 WIB
Lokasi: Tokopedia Tower
No.Kav. 11 Jalan Professor Doktor Satrio
Setia Budi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Antler X AWS Entrepreneurship Hour

Tanggal: Kamis, 14 November 2019
Waktu: 18.30-21.00 WIB
Lokasi: WeWork Menara Astra
Jalan Jend. Sudirman No. Kav 5, RT.10/RW.11
Tanahabang, Daerah Khusus Ibukota

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Rangkuman Berita Startup & Teknologi Indonesia dalam Sepekan – 9 November 2019 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

%d blogger menyukai ini: