Press "Enter" to skip to content

Resmikan Tol Manado-Bitung, Presiden Harapkan Pariwsata Sulut Berkembang Lebih Baik

Presiden Jokowi melihat maket pembangunan jalan tol Manado-Bitung. (Foto: Humas/Oji)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berkembang lebih baik dengan beroperasinya jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu. Harapan tersebut disampaikan Presiden saat meresmikan jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu, Selasa (29/9) siang, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat.

“Kita harapkan pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik lagi nanti setelah berakhirnya pandemi yang kita hadapi sekarang ini,” ujar Presiden Jokowi.

Disampaikan Kepala Negara, jalan tol Manado-Bitung dirancang untuk terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata di Sulawesi Utara sehingga kawasan tersebut menjadi mudah dan cepat diakses kemudian menjadi mudah dikenal dan cepat dikembangkan.

“Kawasan strategis pariwisata Manado, Bitung, Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh semakin mudah dijangkau,” ungkap Presiden.

Selain destinasi pariwisata, Presiden menilai Sulut juga memiliki potensi ekonomi di bidang industri perikanan, pertanian, dan sektor perkebunan. Presiden meyakini dengan tersambungnya kawasan perekonomian tersebut akan mendatangkan banyak investasi, menumbuhkan usaha-usaha baru, serta meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Sulut.

“Ini saya kira nanti tugasnya Gubernur untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya ke KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) di Bitung,” pesan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, jalan tol Manado-Bitung juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing Sulut karena biaya logistik yang menjadi lebih rendah.

“Biaya logistik dari Pelabuhan Internasional Bitung dapat ditekan lebih rendah sehingga lebih efisien, daya saing juga otomatis akan meningkat,” papar Kepala Negara.

Jalan tol Manado-Bitung memiliki panjang 40 kilometer dan saat ini telah beroperasi ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer, sementara sisa 14 kilometer masih dalam tahap pembangunan. Dengan adanya jalan tol ini mempersingkat jarak tempuh antara Manado dan Bitung yang semula membutuhkan waktu 1,5 jam menjadi 30 menit. Gerbang Tol Manado berjarak sekitar 9 kilometer dari Bandar Udara Sam Ratulangi dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 12 menit. (TGH/UN)

The post Resmikan Tol Manado-Bitung, Presiden Harapkan Pariwsata Sulut Berkembang Lebih Baik appeared first on Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Gus Fik
Follow me
%d blogger menyukai ini: