Press "Enter" to skip to content

RoomMe Luncurkan Aplikasi Mobile untuk Mempermudah Pencarian Kos

Pertambahan populasi dan tingginya urbanisasi menjadi faktor pendorong kebutuhan terhadap tempat kos. Kehadiran layanan pencarian kos seperti yang ditawarkan RoomMe bisa jadi jembatan untuk membantu pemilik memaksimalkan bisnis, serta mempermudah penyewa menemukan tempat yang nyaman, terjangkau, dan sesuai kebutuhan.

“Kami melihat tingginya kebutuhan terhadap kamar kos itu tidak diimbangi dengan standar fasilitas memadai dan cara yang efisien untuk mencari rumah kos. Kadang harga sewa pun tidak ada standar, tergantung hitungan sesukanya dari pemilik kos,” papar CEO RoomMe Glen Ramersan.

Untuk itu, pihaknya terlebih dahulu melakukan standardisasi terhadap tempat kos, antara lain:

  • Audit terhadap kondisi properti,
  • Layanan yang bisa diberikan,
  • Pekerja yang dibutuhkan,
  • Perawatan inventaris, hingga
  • Laporan keuangan per bulan.

“Layanan ini mendukung pemilik dalam memaksimalkan rumah kos miliknya, sehingga harga sewa senilai dengan fasilitas yang dimiliki.”

Sementara untuk penyewa, RoomMe membantu mencarikan tempat kos yang memiliki fasilitas memadai, hingga harga terjangkau secara cepat dan efisien. “Harga sewa ditentukan berdasarkan kualitas awal saat pemilik properti dan RoomMe meneken perjanjian.”

Menurutnya, RoomMe merupakan platform khas bergaya lokal yang dibuat untuk menjawab kebutuhan tempat tinggal berupa tempat kos di perkotaan. “Aplikasi ini akan menjembatani hubungan bisnis yang saling menguntungkan dan transparan, antara pemilik dan penyewa tempat kos.”

Jaminan penghasilan bagi pemilik kos

Glen mengatakan pihaknya memberi jaminan penghasilan tetap (fixed income) untuk mitra pemilik kos, baik saat kamar terisi maupun tidak. “Bila terisi dengan harga kamar bisa di atas rata-rata harga kesepakatan dengan pemilik kos, di situ kami mendapatkan profit. Namun sebaliknya bila tidak terisi artinya menjadi tugas kami untuk mengevaluasi apa yang masih perlu diperbaiki dari kamar dan fasilitasnya,” paparnya.

Saat ini RoomMe sudah mengelola ratusan kamar kos di wilayah Jabodetabek dengan sekitar dua ribuan kamar. Ke depan, RoomMe akan melakukan ekspansi layanan ke kota-kota besar lain di Indonesia dengan target di akhir tahun ini bisa hadir di Yogyakarta, Bandung, dan Malang. Beberapa investor yang telah mengucurkan modal ke RoomMe adalah KK FUND, VERTEX Ventures dan BAce Capital.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post RoomMe Luncurkan Aplikasi Mobile untuk Mempermudah Pencarian Kos appeared first on Tech in Asia Indonesia.