Press "Enter" to skip to content

Soal Bantuan Subsidi Upah yang Ditransfer ke Rekening Bank Swasta, Ini Penjelasan Menaker

TRIBUN-VIDEO.COM – Bantuan Subsidi Upah tahap pertama sudah diberikan sejak (27/8/2020) ke rekening bank BUMN.

Menaker menjelaskan bahwa pekerja penerima subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan tidak harus mempunyai rekening di bank-bank milik pemerintah, tetapi rekening yang masih aktif di bank mana pun.

Hanya saja pencairan di bank swasta akan lebih lambat.

Kasubag Pemberitaan kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Dicky Risyana membenarkan soal adanya banyak pekerja yang menggunakan rekening bank swasta untuk melakukan penggajian.

Ia juga membenarkan banyaknya pekerja pengguna rekening bank swasta belum menerima bantuan subsidi gaji karyawan.

“Iya betul (rekening bank swasta belum cair). Jadi yang sudah (terima bantuan pemerintah) di Himbara yang langsung cair dan ditransfer ke penerima,” terang Dicky.

Untuk pekerja pengguna rekening bank swasta seperti BCA, CIMB Niaga, Danamon, Maybank, OCBC NISP, dan Panin, baru akan cair beberapa hari lagi.

“Kalau bank non-pemerintah biasanya butuh maksimal 1 sampai 2 hari karena ada proses pindah bank (transfer antar-bank),” kata Dicky.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (31/8/2020), belum cairnya subsidi gaji karyawan bagi pengguna rekening bank swasta karena pemerintah menggunakan bank BUMN untuk proses penyalurannya.

Sehingga butuh waktu selama proses transfer subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan dari 4 bank BUMN ke bank swasta.

Selain pencairannya yang memang dilakukan bertahap oleh pemerintah, penyebab lain belum cairnya BSU antara lain data rekening pekerja belum diserahkan perusahaan pemberi kerja ke BP Jamsostek.

Kemudian data masih proses validasi di BP Jamsostek dan Kementerian Ketenagakerjaan, dan proses transfer antar-bank dari Bank Himbara ke rekening pekerja yang menggunakan bank swasta.

Pencairan BLT dilakukan lewat tranfer ke rekening penerima sehingga karyawan calon penerima harus memiliki nomor rekening bank.

Bagi peserta BP Jamsostek yang tidak menggunakan rekening bank dalam penggajian alias masih menerima gaji bulanan dalam bentuk tunai, perusahaan pemberi kerja diminta melakukan koordinasi dengan bank dan BP Jamsostek.

Nomor rekening bank yang didaftarkan harus sesuai dengan penerima, status kepesertaan, dan status upah.

Artinya, identitas yang ada di rekening bank harus sesuai dengan calon penerima bantuan.

(Tribun-Video.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Penjelasan Menaker Soal Subsidi Gaji Lewat Rekening Bank Swasta”, Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2020/08/31/081359926/penjelasan-menaker-soal-subsidi-gaji-lewat-rekening-bank-swasta?page=all#page2.
Penulis : Muhammad Idris
Editor : Muhammad Idris

=============


Go to Source
Author:

Tribunnews.com
Gus Fik
Follow me
%d blogger menyukai ini: