Press "Enter" to skip to content

Survei PwC: Fintech Butuh Kolaborasi Erat Sektor Keuangan dan Teknologi

Survei Global Fintech Report 2019 dari PricewaterhouseCoopers (PwC) menemukan 47 persen perusahaan teknologi, media, dan telekomunikasi, serta 48 persen industri keuangan di dunia telah menerapkan teknologi keuangan (fintech). Survei itu juga menyebutkan industri keuangan di Indonesia makin mengincar peluang bekerja sama dengan perusahaan teknologi, khususnya untuk platform pembayaran.

“Hal ini juga mendorong terciptanya API baru, perbankan terbuka, serta penting untuk memastikan keamanan siber dan manajemen risiko privasi data yang kuat,” kata Financial Services Advisor PwC Indonesia David Wake.

“Batas antara perusahaan keuangan dan teknologi makin samar, bahkan di Indonesia, terutama didorong oleh peluang yang dibuka oleh fintech. Salah satu contoh sempurna adalah kolaborasi antara perusahaan telekomunikasi terbesar dan empat bank terbesar di Indonesia yang meluncurkan platform pembayaran fintech.

Tren tersebut sejalan dengan fenomena di level global. Saat ini industri keuangan dan teknologi menggunakan fintech untuk meningkatkan efisiensi operasional, hingga meningkatkan daya tarik produk dan layanan.

Saling mengisi kebutuhan tenaga kerja

Kolaborasi Fintech | Featured

Survei terhadap lebih dari 500 eksekutif di industri keuangan dan teknologi itu menunjukkan kedua industri menciptakan lapangan kerja di ranah fintech, dengan besaran masing-masing mencapai 80 dan 75 persen . Namun, baik perusahaan keuangan atau teknologi mengaku sulit menemukan talenta untuk mengisi inisiatif fintech masing-masing.

“Mencari cara untuk menarik pekerja dari perusahaan teknologi ke keuangan, dan sebaliknya, menjadi penting bagi sukses bisnis ini di masa depan … kedua sektor saling membutuhkan keahlian satu sama lain,” urai laporan tersebut.

Menurut Digital Services Leader PwC Indonesia Subianto, kolaborasi serupa terjadi di Indonesia. Hal ini juga membuka kesempatan bagi tenaga kerja sektor keuangan dan teknologi untuk meningkatkan keterampilan. “Yang paling diuntungkan adalah pelanggan karena pengalaman pelanggan yang lebih baik dan produk serta layanan yang lebih baru.”

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Survei PwC: Fintech Butuh Kolaborasi Erat Sektor Keuangan dan Teknologi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

%d blogger menyukai ini: