Press "Enter" to skip to content

Warga Aceh Barat minati kelapa muda sebagai menu berbuka

Government confirms state apparatus' Eid bonus disbursed on May 24

Kelapa muda/ kelapa hijau di Aceh Barat. (Antara Aceh/ Anwar)

Meulaboh, Aceh (ANTARA) – Air kelapa muda atau kelapa hijau merupakan salah satu menu berbuka puasa yang paling diminati masyarakat di wilayah Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat pada awal puasa Ramadhan 1440 Hijriah.



“Air kelapa muda bisa menghilangkan rasa dahaga dan dehidrasi. Apalagi suhu udara dan cuaca di wilayah Meulaboh sejak hari pertama puasa cukup panas,” kata warga Desa Blang Beurandang, Arif, di Meulaboh, Selasa.



Banyak alasan warga lebih memilih air kelapa muda sebagai pangan berbuka, pertama karena kesegarannya alami, harga kelapa muda terjangkau dan sangat mudah ditemukan hampir disetiap titik ruas badan jalan di jual oleh para pedagang musiman.



“Puasa ini kami jual seharga Rp6.000 per buah, plus pakai sirup. Tapi jarang pembeli mau ditambah sirup, karena lebih memilih alami tanpa campuran apapun,” kata salah satu pedagang kelapa muda di Jalan Manek Roe, Sudir.



Ia, mengaku menghabiskan sampai 300 buah kelapa muda selama dua hari terakhir, sebab jadwal berjualan hanya 2,5 jam, yakni dimulai pukul 16.00 WIB hingga 18.30 WIB, sampai waktunya berbuka, sementara hari – hari biasa rata rata 100 buah.



“Kemarin habis 200 lebih, hari ini hanya membawa 150 buah saja karena waktunya juga singkat. Sekarang dapat buah kelapa sudah sulit juga, karena sangat banyak yang berjualan air kelapa muda,” sebutnya lagi.



Selain dijual dalam bentuk buah, ada juga pedagang yang menjual air kelapa dalam kemasan plastik yang sudah diolah dengan campuran sirup bewarna merah, kuning dan pink dengan harga jual Rp5.000 per liter.



Sudah menjadi tradisi para pedagang takjil musiman yang muncul setiap puasa Ramadhan berjualan disepanjang titik ruas badan jalan sehingga terkadang memperparah kemacetan dalam kota akibat terjadinya penyempitan badan jalan.



Kepadatan arus lalu lintas dan munculnya pedagang musiman di pingir jalan dapat terlihat mulai pukul 17.00 WIB sampai magrib, saat sudah sampai waktu berbuka jalanan di Kota Meulaboh sepi, seakan tidak ada penduduk di wilayah kota.



Para pedagang non muslim pun ikut menikmati nuansa ramadhan yang memberikan dampak secara ekonomis terhadap tumbuhnya kegiatan usaha, dari biasanya hanya berjualan di dalam toko, namun selama puasa turun ke pingir jalan berjualan takjil.



Beberapa kasiat air kelalapa untuk tubuh manusia telah banyak diuraikan oleh ahli nutrisi yakni, nutrisi air kelapa muda dapat menetralisir racun di tubuh, menghilangkan dehirasi, menjaga kesehatan jantung dan stamina serta banyak kelebihan lainnya.



Kandungan elektrolit tinggi dan mudah diserap tubuh yang di dalam air kelapa, mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, potassium yang ada di dalam air kelapa hijau juga mampu untuk menjaga kandungan air dalam darah.

Pewarta: Anwar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019

Source

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: